oleh

GUBURNUR SUMSEL DERU BUPATI LAHAT  RESMIKAN AGROWISATA SINDANG PANJANG

LAHAT, MS- Tiga Penjabat Tinggi Sumsel Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM, Bupati Lahat Cik Ujang dan wali kota Palembang Harnojoyo S Sos, kunjungi desa Sindang Panjang dalam rangka Peresmian Agro Wisata Bersama Kita ke Puncak (Bekicau), di kecamatan Tanjung Sakti Pumi Kabupaten Lahat, Jum’at (30/10/20).

H Harnojoyo sebagai pemilik agro wisata Sindang Panjang menceritakan awal dibuatnya Agrowista ini saar dirinya sering pulang kekampung halaman. “Tempat ini merupakan badas ( dataran yang menurun) waktu kecil saya bersama tema teman sering madi di sungai ini, berawal dari itulah muncul gagasan untuk memanfaatkan alam ini menjadi tempat wisata,” ceritanya.

Harnojoyo sebagi putra daerah yang ingin daerah dan masyarakatnya untuk maju, dengan alasan itu pula wali kota Palembang ini bersama keluarga membangun tempat wisata ini,

sekaran lahirlah Agrowisata Bekicau, tempat berileksasi yang memiliki air terjun, jembatan gantung, jembatan ampera, tempat hijau, persawahan dan tanaman buah durian, dan masih ada yang indah lainnya.

” Kami bangun Agrowisata ini ingin membagi kebahagian dengan masyarakat, dan saya titip agrowisata ini untuk dijaga,” tutup Harnojoyo.

Bupati Lahat Cik Ujang SH sangat berterima kasih kepada keluarga besar H Harjojoya atas ide-ide dan inovasi sehingga dapat mengembangkan agro wisata yang dapat dijadikan aset pariwisata untuk Kabupaten Lahat.

” Terima kasih kepada H Harnojoyo dan keluarga yang telah menyulap daerah ini menjadi agrowisata, untuk masyarakat di sekitar tempat wisata ini buatlah homestay ataupun usaha-usaha untuk mendukung percepatan perkembangan pariwisata agro wisata ini sehingga perekonomian masyarakatnya akan meningkat.”tuturnya

Sementara Gubernur Sumatra Selatan H Herman Deru menyampikan rasa terima kasih atas inovasi walikota Palembang sebagai pemilik agro wisata Sindang Panjang ini dalam hal ini juga di bantu dengan potensi alam yang ada sehingga dapat di ciptakan agro wisata seperti ini.

Pada saat ini kita sedang memulihkan ekonomi pada masa pandemi sehingga dengan adanya agro wisata ini bisa di lihat dari banyak sektor informal yang menjadi hidup yang akan membantu pemulihan ekonomi khususnya di Kabupaten Lahat sebagai sumber ekonomi baru.

Untuk mempercepat perkembangan agro wisata ini pengunjung harus di buat lebih nyaman dengan tambahan-tambahan fasilitas untuk menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Hal ini dapat di contohkan seperti adanya suvenir khas dari masyarakat ataupun makanan dan penginapan-penginapan.Oleh karena itu di butuhkan kerjasama antara Kabupaten Lahat dengan Kota Pagaralam.

“Kami berharap dengan adanya agro wisata ini berdampak pada pemulihan dan perbaikan ekonomi di Sumatera Selatan apalagi dengan tiket yang gratis akan mengundang masyarakat untuk datang ke destinasi wisata baru ini.”tutupnya

Selain ketiga penjabat Sumsel ini hadir juga rombongan anggota DPRD Sumatera Selatan, Sekda Lahat H.Januarsyah Hambali SH MM,Wali Kota Pagaralam,OPD Sumatera Selatan,OPD Kabupaten Lahat,Camat Tanjung Sakti Pumi dan para Kades se-Kecamatan Tanjung Sakti Pumi. (Nur)

News Feed