You are here
Gunung Sakti Seleksi Perangkat Desa BENGKULU HEADLINE 

Gunung Sakti Seleksi Perangkat Desa

BS 13

BENGKULU SELATAN, MS – Untuk menunjang kelancaran lembaga pemerintahan, Desa Gunumg Sakti, Kecamatan Manna, Rabu (27/02) melaksanakan tes. Tes itu dilakukan dua tahapan yakni tes tertulis dan uji komputerisasi.

BS 9Pelaksanaan tes berlangsung di balai kantor desa setempat. Sedangkan tim panitia penguji berasal dari pihak kecamatan, pendamping desa, dan perangkat desa.

Kepala Desa Gunung Sakti Nadiman menuturkan, bahwa tes dilaksanakan ini dalam rangka untuk menempatkan pegawai pemerintahan sebagai sekretaris desa yang kosong. Dimana sebelumnya dijabat Sekdes PNS.

“Pendaftaran perangkat desa ini sifatnya terbuka, dan setelah penjaringan ada 12 peserta tes. Dari ke 12 perserta ini ada beberapa yang berasal dari luar desa Gunung sakti,” tutur kades.

Terkait pelaksanaan tes ia berharap siapapun yang lulus berdasarkan hasil tes, benar-benar bisa bekerja dalam hal menjalankan pemerintahan desa, mengayomi masyarakat, dan mengerti tentang adat istiadat yang ada di Desa Gunung Sakti ini.

“Bagi peserta yang kurang beruntung, kami tetap berharap agar tetap bisa bersenergis untuk membangun desa Gunung Sakti ini,” pungkasnya.

BS 10Sementara Sekretaris Camat (Sekcam) Kecamatan Manna Hendri mengatakan, untuk proses kelulusan peserta tetap akan direkomendasikan kepihak kecamatan.

“Kita akan mengambil 3 dari nilai tertinggi dari para peserta. Selanjutnya camat akan merekomendasikan salah satu dari peserta tersebut, sebagai dasar pelantikan Sekdes,” jelas Hendri.

Tes terbuka ini selain amanat undang- undang melalui Permendgri No 67 tahun 2017 pada perinsipnya, bertujuan untuk menghindari agar tidak ada dugaan kolusi di dalam pengangkatan perangkat desa dikalangan masyarakat. “Bagi peserta belum berkesempatan terplih diangkat jadi Sekdes untuk bersabar,” tutup Hendri. (bajul/adv)

BS 12

 

Related posts

Leave a Comment