oleh

Hadapi Pemilu 2024, 875 KPPS se- Kecamatan Pedamaran Ikuti Bimtek

OKI, Metro Sumatera.com- Dalam rangka menghadapi pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari nanti, sebanyak 875 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang baru dilantik mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek).

Kegiatan bimtek ini dilaksanakan dua gelombang terhitung sejak tanggal 26 dan tanggal 27 Januari 2024, bertempat di aula kantor Desa Lebuh Rarak.

Bimtek KPPS se- Kecamatan Pedamaran ini dibuka langsung Ketua PPK Kecamatan Pedamaran, Abdul Gafur. Abdul Gafur kepada awak media menjelaskan dalam Bimtek ini para petugas KPPS ini mendapatkan berbagai materi diantaranya tugas-tugas yang akan dilaksanakan petugas KPPS.

Selanjutnya, memberikan pemahaman tentang kode etik petugas KPPS, termasuk juga mereka diberikan materi berupa simulasi penghitungan suara di TPS nantinya.

“Bimtek KPPS ini bagian dari upaya meningkatkan persiapan petugas yang terlibat dalam tugas-tugas pemilu. Pelatihan ini mencakup berbagai aspek, termasuk prosedur pemungutan suara, penggunaan teknologi, dan pemahaman mendalam tentang regulasi terkini terkait pemilihan umum. Nah, jika mereka telah mendapatkan pengetahuan atau bekal terkait pelaksanaan Pemilu 2024, kita berharap proses Pemilu pada tanggal 14 Februari nanti berjalan lancar sesuai dengan yang kita harapkan bersama,”ungkap Abdul Gafur.

Dia menambahkan Bimtek ini juga merupakan tahapan yang harus diikuti oleh seluruh petugas KPPS, pemahaman yang didapat dari bimtek tersebut menjadi dasar bagi mereka bisa menjalankan tugasnya dengan percaya diri.

“Ini merupakan langkah positif bagi petugas KPPS se- Kecamatan Pedamaran dalam mempersiapkan dan memastikan pada saat pelaksanaan pemilu nanti sukses, lancar dan adil. Bimtek KPPS ini menjadi muatan untuk mereka bisa bergerak sesuai peraturan perundang-undangan dan tidak terjadi hal-hal di luar itu,”papar pria yang akrab disapa Gafur ini.

Adapun pemberi materi dalam bimtek ini yakni Ketua PPS Pedamaran VI, anggota PPK Kecamatan Pedamaran, Leo Pramanja dan Ketua PPS Pedamaran III, Edi Suratman.

Mardiah, salah satu petugas KPPS yang mengikuti bimtek tersebut mengaku senang dapat mengikuti kegiatan Bimtek tersebut. “Saya sangat senang mengikuti bimtek KPPS ini, sebab dengan bimtek ini kami banyak mendapatkan pengetahuan tentang pelaksanaan, khusus yang berkaitan dengan tugas pokok KPPS itu sendiri,”katanya.

Hadir dalam kegiatan Bimtek KPPS se- Kecamatan Pedamaran ini, Camat Pedamaran, Danramil, Polsek Pedamaran, dan Ketua Panwaslu Kecamatan Pedamaran, Ridwan Saleh. (sbn)

News Feed