oleh

Hari Ibu Ke-92, TP PKK Lais Gelar Rapid Tes Gratis

MUSI BANYUASIN, MS – Dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-92, Bersama Tim Penggerak PPK kabupaten Muba, TP PKK kecamatan Lais menggelar rapid test gratis , untuk kaum perempuan, di tiga titik puskesmas dalam wilayah kecamatan Lais kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Rabu (16/12).

“Kegiatan rapid test gratis ini dilakukan secara serentak di tiga titik puskesmas dalam wilayah kecamatan Lais yakni Puskesmas Lais di pusatkan di aula kantor kecamatan Lais, Puskesmas Teluk Kijing dan Puskesmas Gardu Harapan,” ujar ketua TP PKK kecamatan Lais Susriarti SSTP MM mewakili Ketua TP PKK kabupaten Musi Banyuasin.

Dijelaskannya, rapid tes gratis ini dilaksanakan atas kerja sama TP PKK kecamatan Lais dan TP PKK kabupaten Musi Banyuasin bersama tiga Puskesmas dalam wilayah kecamatan Lais/ dengan para mitra kerja PKK yang peduli terhadap kesehatan masyarakat, khususnya di tengah pandemi Covid-19.

‘Tujuan kegiatan ini untuk mendukung program pemerintah dalam deteksi dini guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan sasaran yakni perempuan dari unsur pengurus PKK , kecamatan, PKK desa , Karang Taruna, lansia, dan remaja,” jelasnya.

Lebih lanjut Susriarti juga mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi/ surat edaran ketua umum tim penggerak PKK pusat Nomor 59 tanggal 11 Desember 2020.

Rangkaian dari peringatan Hari Ibu ke 92 ini , pada tanggal 22 Des nanti akan dilanjutkan dengan kegiatan lomba bahan olahan pangan berbahan dasar daun kelor, yang diikuti oleh 15 TP PKK desa di Kecamatan Lais .

“Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung program ibu ketua tim penggerak PKK Kabupaten Musi Banyuasin. Karena daun kelor ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan serta mudah di dapat dimana mana,” ujar Susriarti.

Semantara, Camat Lais Demoon Hardian Eka Suza SSTP MSi dalam sambutannya mengatakan , kegiatan rapid tes ini harus terus dilakukan guna memerangi Covid-19. Terutama bagi ibu-ibu PKK karena mereka merupakan ujung tombak utama.

“Ibu PKK merupakan emak-emak yang full power, mulai dari tingkat desa hingga tingkat kota , mereka selalu aktif membantu pemerintah,” ujar Demoon.

Demoon juga mengatakan bahwa program seperti ini sangat berkesinambungan dengan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

“Jangan sampai kita menggebu-gebu memerangi Covid-19 tetapi kita lalai memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD Puskesmas Lais Lely Hefni SKM MKes menambahkan, mengucapkan Terima kasih atas dungan dari pihak terkait, dan petugas yang dikerahkan menggunakan rapid test anti gen yang langsung diketahui hasilnya positif atau negatif.

“Jika ada yang positif maka langsung di swab dan menunggu hasil swab dua hingga tiga hari,” ungkapnya. (ms/nr)

News Feed