oleh

Hari Jadi ke-78 Provinsi Sumatera Selatan, Sultan Palembang Sebut Prestasi Yang Diraih Untuk Mensejahterakan Masyarakat

Sultan Palembang Darussalam, Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) IV Jaya Wikrama RM Fauwaz Diradja SH M Kn mengucapkan selamat atas hari jadi Sumsel yang ke 78 tahun .

“Dimana pada saat ini Sumsel banyak sekali mendapatkan award, penghargaan , utamanya mendapkan 10 kali berturut-turut mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI, semoga kita bisa mempertahankan prestasi ini,” kata SMB IV usai mengikuti rapat paripurna istimewa memperingati hari jadi ke-78 Provinsi Sumatera Selatan tahun 2024, Rabu (15/5) bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Sumsel.

Prestasi yang diraih ini menurut SMB IV tidak lain untuk mensejahterakan masyarakat Sumsel yang terwujud dan terbukti nyata dilaksanakan di Sumsel.

“ Dengan Semangat Hari Jadi Provinsi Sumatera Selatan ke 78 tahun 2024, Menuju Sumsel Maju, Mandiri dan Sejahtera”. Ini akan semakin memantapkan dan meningkatkan serta memperkokoh tekad dan semangat juang Sumsel , untuk terus membangun, mengantarkan provinsi Sumsel menjadi provinsi yang terbaik,” kata SMB IV didampingi didampingi R.M.Rasyid Tohir, Dato’ Pangeran Nato Rasyid Tohir, Pangeran Yudo Heri Mastari, Pangeran Suryo Kemas Ari Panji, Sejarawan Sumsel Dr Dedi Irwanto MA.

Dan menurut SMB IV berbagai penghargaan pembangunan lain yang telah diraih Sumsel tentunya menjadi suatu capaian yang diukir oleh sejarah.

“Namun yang pasti hasil pembangunan yang paling bernilai adalah pembangunan tersebut senantiasa diperuntukkan sebesar-besarnya demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Sumatera Selatan,” katanya.

Ketua DPRD Sumsel Dr. Hj. RA Anita Noeringhati mengatakan, rapat paripurna istimewa DPRD Sumsel ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi provinsi sumatera selatan ke 78 yang jatuh tepat pada hari ini.

“Sebagai wujud kebahagian dan rasa syukur kita atas kemajuan daerah yang kita cintai ini, izinkan kami atas nama lembaga DPRD Sumsel mengucapkan selamat hari jadi provinsi sumsel ke 78 tahun 2024 bagi seluruh komponen masyarakat sumsel,” kata RA. Anita.

Dan rangkaian kegiatan hari jadi provinsi Sumatera Selatan ke-78 menurutnya sudah dimulai sejak tanggal 13 maret 2024 yang lalu dan bertepatan dengan bulan Ramadhan 1445 hijriah . Berbagai kegiatan digelar seperti bazaar Ramadhan dan pasar murah, kemudian dilanjutkan dengan acara tabligh akbar, lomba menyanyikan lagu mars sumsel bersatu, lomba kebersihan dan keindahan kantor, penanaman pohon penghijauan serentak, pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan dan donor darah, kunjungan ke panti asuhan, lomba olahraga dan lomba tradisional, jalan santai dan senam bersama, dan kegiatan senam masal jantung sehat, lomba gate ball, dan rangkaian acara hut Sumsel akan berakhir tanggal 30 mei 2024 dengan kegiatan gotong royong dan kebersihan lingkungan.

Iapun menambahkan, berbagai penghargaan pembangunan yang telah diraih tentunya menjadi suatu capaian yang diukir oleh sejarah, namun yang pasti hasil pembangunan yang paling bernilai adalah pembangunan tersebut senantiasa diperuntukkan sebesar-besarnya demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat sumatera selatan.

” Ini tahun terakhir saya memimpin paripurna istimewa HUT Sumsel, saya bangga sebagai ketua DPRD perempuan pertama di Sumsel, saya bisa mempersembahkan yang terbaik untuk masyarakat dan DPRD Sumsel,”kata politisi Golkar ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada paripurna istimewa kali ini, ia dan pimpinan beserta anggota DPRD Sumsel mengenakan pakaian adat sumsel, semua anggota DPRD sumsel diberikan kesempatan menggunakan pakaian adat sumsel karena bagaimanapun juga sumsel ini memiliki keanekaragaman budaya yang patut disyukuri dan di kedepankan.

Sementara itu, Pj. Gubernur Sumsel Dr.Agus Fatoni.,MSi mengatakan, Hari Jadi Provinsi Sumatera Selatan sejatinya memberikan makna yang perlu menjadi renungan kita semua, yang pertama, peringatan hari ulang tahun merupakan wujud ucapan dan rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu wa ta’ala, Tuhan yang maha kuasa atas segala nikmat dan segala capaian yang telah banyak diberikan kepada kita.

“Dan yang kedua hari ulang tahun di maknai juga sebagai momen yang tepat untuk melakukan evaluasi terhadap proses pencapaian target , evaluasi terhadap apa yang sudah kita lakukan,” katanya.

Berdirinya Provinsi Sumatera Selatan tidak dapat dilepaskan dari nama besar kerajaan Sriwijaya dan tidak akan bisa dipisahkan dari perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, cukup banyak cerita dan sejarah yang mewarnai berdirinya Provinsi ini, banyak pelajaran dan filosofi bagi seluruh komponen masyarakat yang bisa menjadi kunci bagi provinsi untuk lebih maju ke depan.

” Tahun ini tahun ke-4 saya hadir di ruangan ini ikut bersama-sama mensyukuri hari ulang tahun provinsi Sumsel, sampai dengan hari ini sudah cukup banyak capaian prestasi dan penghargaan didapat dan kita akan terus berupaya maksimal untuk melakukan inovasi dan terobosan agar target yang ditetapkan nasional dapat dicapai,” ujar Agus Fatoni.

News Feed