You are here
Hari Kontrasepsi se Dunia, Kabupaten Lahat Peroleh Juara Pertama Pasien Terbanyak Pengguna MKJP DAERAH HEADLINE 

Hari Kontrasepsi se Dunia, Kabupaten Lahat Peroleh Juara Pertama Pasien Terbanyak Pengguna MKJP

LAHAT, MS – Hari kontrasepsi sedunia tahun 2019, Kabupaten Lahat tercatat sebagai kabupaten pasien terbanyak pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) se-Sumatera Selatan.

Hasil dari kerja keras Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Lahat, dalam hal ini Bidang KB, Bidang Penyuluhan dan Penggerakan KB beserta Tim lainya akhirnya memperoleh penghargaan juara pertama sebagai kabupaten pasien terbanyak pengguna Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) se-Sumatera Selatan.

” Perolehan penghargaan ini tidak lepas dari peran dari pihak-pihak terkait diantaranya kader KB, Pelaksana Lapangan KB, PKK, Puskesmas,serta pihak-pihak lainnya,” jelas Plt Kepala Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Lahat, Agus Santoso SH MM, Rabu (25/09/2019) di ruangan kerjanya.

Lanjut Agus, bahwa secara nasional dalam memperingati hari kontrasepsi internasional di selenggarakan seminar-seminar diantaranya di DIY Jogyakarta dan Nusa Tenggara Timur dan acara puncaknya dipusatkan di Nusa Tenggara Timur.

“Untuk di Kabupaten Lahat sendiri telah melaksanakan pelayanan KB secara gratis di beberapa Kecamatan,” tuturnya.

Ia berharap dengan adanya penghargaan ini masyarakat di Kabupaten Lahat khususnya pasangan usia subur (PUS) mempunyai kesadaran untuk ber KB sehingga jarak kelahiran dapat terencanakan dan dapat memperbaiki taraf hidupnya.

“Masyarakat Kabupaten Lahat terutama untuk PUS jangan segan-segan untuk menjadi peserta KB dan hal ini dapat di jadikan sebagai kebutuhan sehingga masa depan akan lebih terencana,” harapnya.

Sementara Kepala Bidang KB Dinas Dalduk dan KB Kabupaten Lahat H.Niken Eko Liyanti mengutarakan pada capaian penghargaan yang dilaksanakan ini pihak KB sebagai fasilitator tidak lepas dari peran kader-kader KB, PKK dan pihak Dinas Kesehatan.

“Perolehan penghargaan sebagai pengguna MKJP terbanyak se-Sumatera Selatan mencapai angka 35,95 %,” jelasnya.

Kedepan masyarakat di Kabupaten Lahat mempunyai kesadaran untuk ber-KB sehingga dapat menambah pengguna MKJP dan untuk tahun-tahun ke depan mendapatkan penghargaan kembali.

Ditempat yang sama Kepala Bidang Penyuluhan dan Penggerakan Dinas Dalduk dan KB Farida Hasibuan SKM MKes menuturkan penghargaan ini diperoleh dari data yang terkumpul sebelumnya dari tanggal 1 Agustus-15 September 2019.Disampaikanya pula peran dari penyuluh dan penggerak sangatlah penting karena dapat menimbulkan kesadaran masyarakat untuk ber-KB di samping peran pihak-pihak terkait.

“Untuk masyarakat Kabupaten Lahat Pasangan usia subur di sarankan untuk ber-KB dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang(MKJP)karena disamping aman juga pemakainya akan lebih nyaman,” ajaknya. (nur)

Related posts

Leave a Comment