You are here
Harteknas ke-22 2017, UBL siap gelar CITE 2017 HEADLINE NASIONAL PENDIDIKAN 

Harteknas ke-22 2017, UBL siap gelar CITE 2017

BANDAR LAMPUNG, MS – Dalam rangka memperingari Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) ke-22 2017, Universitas Bandar Lampung (UBL) siap menggelar Creativity, Innovation, Technology Entrepreneurship (CITE) 2017 pada Senin hingga Kamis (23 – 26/10/2017) mendatang di Mahligai Agung Convention Hall, Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman Pascasarjana, Universitas Bandar Lampung. “CITE 2017 merupakan ajang yang mewadahi komunitas peneliti, komunitas pemerhati, dan komunitas investor dalam menumbuh kembangkan keilmuaan dan teknologi berbasis kreativitas, inovasi, teknologi dan wirausaha” ungkap Rektor UBL, Dr. Ir. M. Yusuf S. Barusman, MBA diruang kerjanya ,Kampus Drs. H. RM Barusman, Selasa (17/10/2017).

Yusuf Barusman menjelaskan bahwa acara ini mempunyai visi Indonesia berkarya kreatif, inovatif,  berteknologi dan berjiwa kewirausahaan. “Acara ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk terus berkarya, menyelaraskan karya berbasis teknologi dan mendorong seluruh lapisan masyarakat untuk berkarya dan mencipta,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Lampung Ir. Mulyadi Irsan, M.T mengapresiasi kegiatan CITE 2017 yang bakal digelar oleh UBL ini. Banyaknya hasil riset dari para peneliti perguruan tinggi, lembaga penelitian maupun setingkat SMA/SMK menunjukan kualitas dan kuantitas yang bertumbuh, namun proses hilirisasi menjadi komersialisasi menjadi tahapan baru dan dirasa sulit. “Sehingga diperlukan wadah yang dapat mempertemukan antara hasil riset dan dunia bisnis, sehingga diharapkan akan tumbuh start up – start up bisnis baru,” ungkap Mulyadi.

Terkait teknis kegitan ini, Kepala Biro, Humas, Marketing dan Kerjasama UBL, Indriati Agustina Gultom menjelaskan bahwa CITE 2017 akan menyajikan empat (4) event besar yang akan memberikan inspirasi, exploitasi dan expansi hasil riset. Event pertama yang akan dihelat adalah Talkshow. Event ini menghadirkan Rudiantara S.Stat. MBA (Menteri Komunikasi dan Informatika), Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BBPT) Dr. Ir. Unggul Priyatna, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Ir. Bambang Subiyanto, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN) Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, PT. Unistellar Global Korpora Iman Camil, dan Riza Muhida, PhD,  Ahli Drone dan Robot Universitas Bandar Lampung.

Lalu Event kedua yakni Anugerah Inovasi 2017. Event tersebut adalah ajang penghargaan anugerah inovasi daerah tahunan besutan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BALITBANGDA) Provinsi Lampung bagi pelajar, umum dan peneliti.

Adapun Event ketiga adalah Concurrent Sesion. Event ini memberikan kesempatan bagi para peneliti dan penemu, untuk dapat mempresentasikan hasil karya mereka dan dipertemukan dengan pemilik bisnis untuk dapat memulai ke arah komersialisasi.

Sementara Event terakhir adalah The Fourth International Conference On Engineering And Technology Development (4th ICETD). Event terakhir ini merupakan ajang konferensi tahunan internasional dibidang teknik dan perkembangan teknologi yang digelar oleh UBL dan menghadirkan pembicara utama yaitu Prof. Hiroatsu Fukuda, Kitakyushu University, Japan, Associate Prof. Johannes Widodo- National University of Singapore (NUS), Singapore, Prof. Dr.-ing Harianto Hardjasaputra-Universitas Pelita Harapan (UPH), Indonesia dan Prof. Radianta Triatmadja Universitas Gajah Mada (UGM), Indonesia serta masih banyak lagi para akademisi dan peneliti baik dalam dan luar negeri.

Selain itu CITE 2017 menampilkan expo karya hasil penelitian mahasiswa seluruh Perguruan Tinggi, Lembaga Penelitian, Perusahaan Berbasis IT, SMA/SMK, UKM Mandiri atau Binaan, dan Lembaga Keuangan yang ada di Lampung dan luar Lampung. “Para partisipan juga dapat menampilkan produk karya mereka di booth stand yang kami siapkan,” tambah Indri “Kami masih membuka kesempatan bagi semua pihak yang ingin berpartsipasi dalam kegiatan CITE 2017 ini dengan mengunjungi website cite2017.ppikubl.com atau dapat menghubungi 08117257725 (Vio) dan 081273557288 (Tesu),” katanya.

Acara yang pertama kalinya digelar oleh UBL ini mendapat dukungan penuh dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Balitbangda Provinsi Lampung. Acara ini juga didukung oleh media partner yakni UBLTV, Lampung Post, Radar Lampung, Kupas Tuntas, Lampung Express, Lampung Pro, dan Metro Sumatera. (sal/ril)

Related posts

Leave a Comment