oleh

Hilangkan Kesan Suram, Tembok Dilukis

LUBUKLINGGAU, MS – Banyak cara untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat agar menjauhi narkoba, menjaga kebersihan dan kamtibmas dilingkungan pemukiman tempat tinggal. Tidak hanya lewat sosialisasi ataupun tatap muka, tapi dapat pula disampaikan lewat sebuah kreatifitas seni lukis disebuah tembok.

Salah satunya kreatifitas seni yang dilakukan warga Jalan Kemang, RT 7, Kelurahan Watervang, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Pada tembok sepanjang 200 meter masuk keakses jalan itu dilukis sedemikian rupa dan tidak lupa terdapat pula tulisan pesan kepada masyarakat.

“Itu kreativitas warga sana, diprakarsai Bhabinkamtibmas sama Pak RT. Dananya swadaya,” kata Camat Lubuklinggu Timur I, Heny Fitrianty.

Tembok dinding dilokasi tersebut sudah dilukis dan diberikan tulisan berbau pesan sejak Senin (11/12). Dan sejauh ini hingga dengan kemarin sudah 30 persen dilukis. Termasuk dengan pesan tulisan diantaranya yakni “Narkoba Nak Mati”, “Jauhi Narkoba”, “Jaga Kebersihan” dan pesan lainnya mengenai Kamtibmas.

“Mulanya dilokasi itu kesannya semrawut, tidak terurus tembok dindingnya,” bebernya. Kata Heny, dengan kondisi tersebut maka warga, Kelurahan dan Bhabinkamtibmas berusahan untuk melaksanakan gotong royong membersihkan area sekitar lokasi. Kemudian muncul pula ide untuk memanfaatkan dinding tembok dilokasi itu agar tidak suram dilakukan pengecatan dengan karya seni lukis.

“Jadi biar masuk kejalan Kemang bersih dan indah,” kata Heny. Selain itu, sebelum memanfaatkan tembok dilokasi tersebut pihak Kecamatan lebih dulu meminta pihak Kelurahan untuk berkoordinasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Lubuklinggau. Itu untuk memunculkan lukisan tulisan pesan mengenai imbauan kepada masyarakat jauhi narkoba. “Rencana tempat lain akan kita lukis seperti itu yakni di Jl Junaidi,” ungkapnya.

Sementara itu Wakapolres Lubuklinggau, Kompol Andi Kumara membenarkan anggota Bhabinkamtibmasnya bersama pihak Kelurahan dan warga setempat melaksanakan giat gambar kreasi ditembok di Jl Kemang. “Bersama warga Watervang giat gambar kreasi di tembok,” pungkasnya. (dhiae)

News Feed