You are here
HUT Lahat 2020, Pejabat Akan Gunakan Batik Karya Sendiri DAERAH HEADLINE 

HUT Lahat 2020, Pejabat Akan Gunakan Batik Karya Sendiri

LAHAT, MS – Guna mendukung kearifan lokal, Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lahat melalui Dinas Perdagangan menggelar pelatihan keterampilan cara membuat batik. Bahkan, batik yang menjadi ciri khas sendiri, akan dipakai dari kepala daerah hingga Kepala desa saat akan Hari Ulang Tahun (HUT) Lahat nanti.

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat Fikriansyah, SE MSi menyampaikan, bahwa para peserta yang mengikuti pelatihan ini sebanyak 400 orang yang berasal dari perwakilan dari seluruh desa yang ada di Kabupaten Lahat.

“Pelatihan ini di berikan untuk mensinkronkan antara program peningkatan dengan pelaku usaha industri kecil yang ada di Kabupaten Lahat,’ kata Fikri , Rabu (19/2/20) saat memberikan sambutan pada acara pelatihan membatik tahun 2020.

Melalui kegiatan ini di harapkan akan muncul batik kearifan lokal yang dapat di jadikan ikon Kabupaten Lahat.

“Setelah di adakan pelatihan membatik ini juga akan di peroleh gambar batik yang terbaik dan hal ini akan menjadi ikon desanya dan pihak Dinas Perdagangan Kabupaten Lahat siap memfasilitasinya untuk mengembangkan potensi membatik tersebut,” ungkapnya.

Ketua Dekranasda Kabupaten Lahat Lidyawati SHut mengutarakan batik adalah salah satu kearifan lokal yang harus terus di lestarikan.

Melalui kegiatan ini selain mengasah keterampilan akan tetapi juga masyarakat Kabupaten Lahat mampu bersaing dengan daerah lain.

“Hasil batik terbaik akan di pakai pada HUT Kabupaten Lahat ini sehingga hal ini dapat di jadikan motivasi para peserta untuk mengembangkan potensinya,” sampainya.

Sementara Wakil Bupati Lahat H Hariyanto SE MM dalam arahanya sekaligus membuka acara secara resmi mengatakan pemerintah sangat memdukung kegiatan seperti ini dan mudah-mudahan dengan pelatihan membatik ini akan menciptakan batik khas Kabupaten Lahat dan juga akan memberikan peluang yang besar untuk membuka lapangan kerja hasil dari kreasi masyarakat Kabupaten Lahat.

“Mudah-mudahan akan ada batik terbaik yang di hasilkan dan nantinya akan di pakai seluruh ASN yang ada di Kabupaten Lahat,” tutupnya. (Nur)

Related posts

Leave a Comment