oleh

Ibu-Ibu Rumah Tangga Harus Melek Hukum

LUBUKLINGGAU, MS – Guna mengedukasi para ibu rumah tangga  supaya tidak menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Pemerintah kota Lubuklinggau melalui bagian hukum menggelar sosialisasi kesadaran hukum dan ketaatan hukum.

Acara yang di digelar di Balai Kota Pemkot Lubuklinggau tersebut diikuti ratusan ibu-ibu perwakilan  PKK kelurahan dan PKK Kecamatan se kota Lubuklinggau dengan nara sumber perwakilan Polres Lubuklinggau, Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, dan Kodim 0406, Mura, Lubuklinggau, dan Muratara.

Kepala Bagian Hukum Kota Lubuklinggau, ‎Hendri HR mengatakan sosialiasi kesadaran dan ketaatan hukum yang digelar oleh pihaknya  merupakan bagian dari  program yang dilaksanakan setiap tahun‎ oleh pemerintah kota Lubuklinggau.

“Acara ini diikuti kurang lebih 500 orang peserta perwakilan dari kelurahan dan kecamatan. Tujuan pelaksanaannya tak lain supaya masyarakat sadar hukum, bila mengalami kekerasan bisa langsung melapornya,” kata Hendri, Selasa (27/9/2017).

Hendri menilai selama ini banyak para ibu rumah tangga menjadi korban kekerasan. Hanya saja karena ketidak tahuan masyarakat tentang adanya bantuan hukum, sehingga membuat  masyarakat tidak melapor dan mendiamkan persoalan rumah tangga tanpa ada penyelesaian.

“Dengan adanya sosialisasi ini sekarang masyarakat tahu bahwa sekarang bantuan hukum, masyarakat bisa datang kekejaksaan, atau bisa mendatangi Mapolres Lubuklinggau, disana kasus tersebut bisa di mediasi atau jika memang tidak ada jalan temu, bisa berlanjut ke ranah pidana,” ungkapnya.

Terpisah ‎wakil Walikota Lubuklinggau, ‎Sulaiman Kohar mengatakan sosialisasi keluarga sadar hukum itu sangat penting untuk mencerdaskan masyarakat, sasaran adalah para keluarga. Karena keluarga bagian dari masyarakat.

Jadi initinya  kalau masyarakat bagus insyallah Linggau aman. Masyarakat harus tahu apa itu KDRT, apa itu melek narkoba. Untuk menuju Linggau madani  berangkat dari keluarga yang rukun dan damai,” pungkasnya. (dhiae)

News Feed