oleh

Inovasi Sosial PTBA Berbuah Penghargaan BISRA 2024

TANJUNG ENIM – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) berhasil meraih penghargaan kategori Gold dalam ajang Bisnis Indonesia Social Responsibility Awards (BISRA) 2024 di Jakarta, Kamis (27/6/2024).

Penghargaan tersebut diberikan berkat Program Eco Agrotomation yang dijalankan PTBA. Eco Agrotomation merupakan inovasi sosial yang mendorong budidaya tanaman berbasis otomasi ramah lingkungan untuk mendukung program penghijauan dan reklamasi.

Selain itu, program ini juga dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah masyarakat sekitar, sehingga mendukung konsep pangan lestari di Kabupaten Muara Enim.

Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Niko Chandra menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang telah diberikan.

“Kami merasa bangga dan bersyukur atas penghargaan ini. Tentunya apresiasi tersebut semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi dalam pelestarian lingungan dan pemberdayaan masyarakat, khususnya di sekitar wilayah operasi,” kata Niko.

Dalam Program Eco Agrotomation, PTBA memberdayakan petani di Desa Tanjung Karangan dan Keban Agung untuk melakukan pembibitan dengan memanfaatkan lahan tidak produktif.

PTBA bekerja sama dengan petani mulai dari penyediaan media tanam, bibit, hingga budidaya tanaman. Pelatihan dan pendampingan secara berkala juga diberikan PTBA kepada para petani.

Sistem otomasi mempermudah budidaya tanaman. Terdapat dashboard monitor yang terhubung dengan ponsel, sehingga memudahkan petani untuk memantau dan mengelola tanamannya. Penyiraman dan pemupukan dilakukan secara otomatis dengan takaran sesuai standar.

Sumber energi untuk otomasi ini pun berbasis energi terbarukan, yaitu Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Tak hanya menurunkan emisi dari proses budidaya tanaman, otomasi berbasis energi terbarukan ini juga menurunkan biaya operasional harian.

Bibit tanaman yang dihasilkan dari kegiatan ini tidak hanya diserap oleh PTBA untuk kegiatan reklamasi. Terdapat beberapa perusahaan lain yang juga telah menjalin kerja sama sebagai pembeli.

“PTBA senantiasa menjalankan prinsip keberlanjutan dalam aktivitas bisnis perusahaan. Komitmen tersebut merupakan salah satu aspek penting dalam upaya Bukit Asam menghadirkan energi tanpa henti untuk negeri. Sejalan dengan visi kami, yaitu menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan,” tegas Niko.

Anugerah BISRA 2024 didedikasikan secara khusus kepada perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memiliki kontribusi dan komitmen kuat dalam membangun kualitas hidup manusia dan lingkungan melalui program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL).

Mengangkat tema “Paving The Way to Sustainable Business: Innovation in CSR”, Anugerah BISRA 2024 bertujuan untuk memberikan pembelajaran tentang pengelolaan TJSL yang efektif, berdampak luas dan berkelanjutan.

News Feed