You are here
Ishak Mekki Lepas Kontingen Jamnas OLAHRAGA 

Ishak Mekki Lepas Kontingen Jamnas

Wakil Gubernur Ishak Mekki saat melepas peserta Jamnas.
Wakil Gubernur Ishak Mekki saat melepas peserta Jamnas.

 

PALEMBANG, MS –  Sebanyak 707 kontingen Jambore Nasional Gerakan Pramuka Sumsel diberangkatkan oleh Wakil Gubernur Ishak Mekki di Gedung Auditorium Bina Praja, Kamis (11/08).

Dalam sambutannya, Wagub berharap agar para kontingen dapat memabawa nama baik Sumsel. “Saya berpesan agar para kontingen dapat mengikuti Jambore nasional sepuluh dengan sebaik-baiknya. Serta mengikuti seluruh aturan yang telah ditetapkan oleh panitia,” ujarnya.

Dikatakan dia, bahwa para kontingen adalah anggota pramuka pilihan, sehingga harus dapat memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mendapat wawasan, pengalaman, dan teman. “Jangan melakukan hal-hal negatif dan menjaga terus kekompakan,” ungkapnya.

Jambore Nasional kesepuluh (Jamnas 10) rencananya akan dilangsungkan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur dari tanggal 14 hingga 21 Agustus mendatang. Ketua Kontingen Daerah (Kakonda) Sri Atika Sumanti mengatakan bahwa dalam event tersebut, Sumsel mengirimkan kontingen sebanyak 707 orang.

Masing-masing kwartir cabang (kwarcab) mengirimkan 40 kontingen yang terdiri dari 4 pimpinan kontigen cabang, 4 pembina pendamping, dan 32 peserta yang tergabung dari 4 regu. 16 kontingen luar biasa (pramuka berkebutuhan khusus/PBK, red) yang terdiri dari regu A, B, C, dan D. Serta 11 orang pimpinan kontingen daerah yang terdiri dari staf kontingen, staf pameran, dan  staf budaya.

Namun demikian, dari seluruh kwarcab yang ada di Sumsel, kotingen Kabupaten Empat Lawang tidak dapat berpartisipasi karena tidak ada dukungan dari pemerintah daerah.

“Kontingen Kwarcab sebenarnya Empat Lawang sudah siap berangkat, namun belum ada dukungan dari pemerintah daerah”, tutur Sri.

Dari keikutsertaan kegiatan yang menjadi agenda rutin setiap lima tahun sekali ini, diharapkan dapat menumbuhkan rasa kebangsaan, menjadi manusia yang beragama, dan berjiwa Pancasila. Meningkatkan kemandirian, persatuan dan kesatuan, dan penghayatan terhadap Tri Satya dan Dasa Dharma.

Acara pelepasan ditutup dengan dengan penyerahan panji pramuka serta pemakaian jaket kontingen secara simbolis oleh Wagub Ishak Mekki kepada perwakilan kontingen. (am)

Related posts

Leave a Comment