oleh

Jadi Kabupaten Terbaik Ke-2 di Sumsel, OKU Timur Terima Penghargaan

OKUTIMUR, MS – Kabupaten OKU Timur kembali meraih prestasi dan menerima penghargaan sebagai Kabupaten Terbaik ke-2 di Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) dengan Kategori Perencanaan dan Pencapaian Pembagunan Daerah dalam Penyelenggaraan Pembangunan Daerah Tahun 2024.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adii Nugraha Purna Yudha, S.H Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan (Musrembang) Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2025-2045 di Ballroom Novotel Palembang, Selasa 30 April 2024.

Wakil Bupati OKU Timur HM. Adi Nugraha Purna Yudha S.H mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang berhasil diperolah ini.

“Saya berharap penghargaan ini bukan hanya sekedar penghargaan tetapi sebagai bukti memang kita bekerja membangun,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, ia juga berharap ada banyak hal yang dibicarakan dan disepakati dalam forum ini.

“Itu nantinya dapat dituangkan dalam dokumen RPJPD Kabupaten OKU Timur tahun 2025-2045 serta mempertajam arah kebijakan yang akan dilaksanakan pada 20 tahun kedepan,” tuturnya.

Untuk itu, agar semua perangkat daerah memperhatikan arahan kebijakan pembangunan jangka panjang yang meliputi tata kelola pemerintahan, infrastruktur, stabilitas ekonomi dan sosial, dan juga aspek lingkungan.

“Fokus daerah tentunya tertuju pada pembangunan yang berkelanjutan selaras dengan visi pemerintah pusat, yakni menuju Indonesia emas 2045,” ucapnya.

Dalam Musrenbang Provinsi Sumsel ini dibuka langsung oleh Pj. Gubernur Sumatra Selatan Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si.

Pj. Gubernur Sumatera Selatan mengatakan bahwa Visi Indonesia 2045 sebagai Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan, harus kita dukung sesuai dengan kondisi dan potensi daerah masing-masing.

Selaras dengan Visi RPJPN tersebut, maka Visi RPJPD Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2025-2045 adalah Sumatra Selatan Maju, Terdepan, dan Berkelanjutan dengan tagline Sumsel MAPAN 2045.

Dalam mencapai visi tersebut, langkah reformasi saja tidak cukup, kita harus melakukan transformasi total mulai dari transformais sosial, ekonomi dan tata jelola yang selanjutnya dijabarkan ke dalam 8 Misi, 17 arah pembangunan dan sasaran pokok, dengan 45 indikator utama pembangunan.

Musrenbang RPJPD Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2025-2045 ini dihadiri langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, yang diwakili oleh Plh. Dirjen Bina Keuangan Daerah, Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan, M.Ec.Dev, dan Menteri PPN/Kepala Bappenas RI, yang diwakili oleh Direktur Regional I, Bapak Abdul Malik Sadat Idris, ST, M.Eng yang hadir secara virtual.

Selain itu turut hadir pula Sekretaris Daerah Sumatera Selatan, Bapak Ir. SA Supriono, Pj. Ketua TP PKK, Ibu Tyas Fatoni, Gubernur Sumatera Selatan Tahun 2003-2008, Bapak Syahrial Oesman, DPRD Sumatera Selatan, Forkopimda Sumsel, Bupati dan Walikota se-Sumatera Selatan, DPRD Kabupaten/Kota se-Sumatera Selatan, Kepala Instansi Vertikal, Pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Perguruan Tinggi, Kepala Bappeda Kabupaten Kota se Sumsel, Kepala OPD Pemprov Sumsel, Ormas, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Akademisi dan Undangan lainnya. (Boy)

News Feed