You are here
Jalan Ngulak I Amblas, Warga Khawatir Terancam Tanah Longsor HEADLINE POLITIK & PEMERINTAHAN 

Jalan Ngulak I Amblas, Warga Khawatir Terancam Tanah Longsor

MUSI BANYUASIN, MS – Tingginya curah hujan dalam kurun dua minggu terakhir membuat ruas jalan kabupaten yang berada di RT 12 Kelurahan Ngulak I mengalami keretakan sepanjang 25 meter dan amblas dari posisi normal sekitar 20 Cm.

Akibatnya jalan yang berstatus sebagai jalan kabupaten tersebut, terancam longsor bila tidak segera ditangani oleh pihak terkait.
Pantauan media dilapangan, separuh badan jalan sudah tampak retak sekali.

Terkait masalah tersebut, Lurah Ngulak I, Naherunay SH MSi yang mengetahui kabar tersebut langsung melakukan peninjauan ke lokasi. Serta memberikan imbauan kepada warga sekitar lokasi, agar berhati-hati ketika berada di lokasi guna menghidari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Kami dari pihak kelurahan,menghimbau kepada warga agar sebisa mungkin tidak mendekati lokasi tanah yang mengalami keretakan tersebut. Karena jika dilihat dari kondisinya,potensi terjadinya longsor bisa terjadi kapan saja,” katanya.

Lebih lanjut Lurah Ngulak I mengatakan, bahwa dirinya telah berkoordinasi dan memberikan laporan hal itu kepada dinas dan instansi terkait ditingkat kabupaten.

“Kondisi ini sudah kami laporkan kepada pihak pemerintah kecamatan maupun dinas-dinas terkait yang ada ditingkat kabupaten. Harapan kami terkait masalah ini, agar pihak dinas perhubungan dapat segera memasang rambu pembatas di lokasi. Dan diimbau kepada pengedara sepeda motor agar berhati-hati saat melintas. Untuk kendaraan roda 4 atau mobil supaya tidak melalui jalan ini dulu, sebelum jalan ini di perbaiki. Serta harapan kami kepada dinas terkait untuk jangka panjang bisa memberikan solusi dengan membangun konstruksi penahan tebing agar terhindar dari tanah longsor,” ujarnya.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Camat Sanga Desa, Suganda Ap Msi ketika ditanyai oleh media ini mengaku hal itu sudah dilaporkan kepada pihak PU PR dan Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Banyuasin. Dan menurutnya, pihak terkait akan segera turun ke lokasi terjadinya tanah retak.

“Kami berharap dinas terkait segera bisa melakukan tindak lanjut terhadap permasalahan tanah retak di kelurahan Ngulak I itu. Karena apabila tidak segera dilakukan perbaikan akan terjadi potensi tanah longsor. Namun ketika koordinasi tadi, pihak PU dan dinas perhubungan Muba.Besok akan segera turun kelapangan guna melakukan pengecekan terhadap lokasi tanah retak. Selanjutnya akan mengambil langkah-langkah guna perbaikan. Karena mereka (dinas terkait, red) yang lebih paham serta mengerti hal tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, Indra (48) salah satu warga kelurahan Ngulak I, Senin (4/2/2019) mengatakan dirinya dan warga berada disekitar lokasi merasa sangat cemas akan terjadinya longsor. Karena jarak rumah warga dan posisi tanah yang retak hanya sekitar 2 meter.

“Khawatir sekali, takutnya tiba-tiba terjadi longsor yang dapat menyebakan rumah kami ikut terseret kedalam aliran Sungai Musi. Untuk itu kami sangat berharap pihak terkait agar segera melakukan menangani kondisi jalan ini.karena jarak tanah yang retak dengan rumah warga hanya sekitar 2 meteran,” ungkapnya.

Ia pun menuturkan kronologis terjadinya keretakan tanah didepan rumahnya itu, yang pertama kali diketahuinya sekitar pukul 06.00 WIB.

“Saat saya keluar rumah pagi ini, saya lihat kondisi jalan depan rumah belum separah ini.Tetapi beberapa saat kemudian tanah itu semakin turun.Yang kami khawatirkan,jika jalan ini tidak segera dilakukan penutupan dan penanganan oleh pihak terkait. Takutnya keretakan tanah semakin parah dan terjadinya longsor,” pungkasnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment