oleh

Jelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, Polres OKU Timur gelar Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan

OKUTIMUR, MS – Guna menurunkan titik lokasi kemacetan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam rangka cipta kondisi menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Polres OKU Timur, Polda Sumsel gelar Pasukan Operasi keselamatan Musi Tahun 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan.

Upacara apel Pasukan Ops Musi Tahun 2024 ini dipimpin langsung Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK, MH bertempat di Lapangan Apel Satya Haprabu Polres OKU Timur, Jum’at (1/3/2024).

Upacara ini diikuti oleh Kesatuan Upacara yang terdiri dari, 1 Pelton Perwira, 1 Pelton Pasukan TNI, 1 Pelton Brig Polres, 1 Pelton Sat Samapta, 1 Pelton gab Res Intel dan Resnarkoba, 1 Pelton Brig Lantas, 1 Pelton Pasukan Dishub, 1 Pelton Pol.PP, 1 Pelton Pasukan Dinkes (resque 911), 1 Pelton Senkom, 1 Pelton Pelajar SMAN.

Apel ini juga turut dihadiri oleh Bupati OKU Timur Diwakili, Dandim 0403 OKU diwakili, Ketua Pengadilan Negeri diwakili, Kepala Kejaksaan Negeri Diwakili, Kadishub OKU Timur diwakili, Perwakilan Kacab PT Jasa Raharja(Persero) Baturaja, Kasat Pol.PP diwakili, Pr Pju Polres OKU Timur, Kadis PUTR diwakili, Kadinkes diwakili, Ka BAPPEDA diwakili, Kasenkom Kab.OKU Timur, Perwakilan Dewan Guru SMA, Pr Komunitas Motor, serta para Mahasiswa dan Pelajar.

Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setyono SIK, MH saat membacakan amanat Kapolda Sumsel mengatakan, Pada apel gelar Pasukan Ops Keselamatan Musi 2024 dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan ini mengambil Tema “Keselamatan Berlalu Lintas Yang Pertama Dan Utama”.

“Pelaksanaan Ops Dengan Sandi Ops Keselamatan Musi Tahun 2024, dan Pencanangan Aksi Keselamatan Jalan ini berlangsung selama 14 hari, dimulai dari Tanggal 4-17 Maret 2024,” katanya.

Dikatakan, adapun yang menjadi target dari pelaksanaan operasi ini sendiri diantaranya adalah menurunkan titik lokasi kemacetan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan Kepatuhan Masyarakat dalam rangka Cipta Kondisi Menjelang Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Sesuai dengan karakteristik wilayah masing masing Dengan sasaran Ranmor dan Roda 4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai spesikasi teknis penggunaan sirene rotator atau strobo yang bukan perintukannya serta TNKB yang tidak sesuai dengan spektek, penggunaan helm SNI, kendaraan over dimensi dan over load (ODOL).

“Kemudian ⁠lokasi dan blackspot di Wilayah masing-masing. Masyarakat teroganisir dan tidak teroganisir kelompok ormas dan kelompok pengemudi angkutan umum maupun online,” ujarnya.

Pada Ops Keselamatan Musi Tahun 2024 dan Pencanangan aksi keselamatan jalan yang akan dikedepankan diantaranya, melaksanakan deteksi dini lidik pamgal serta pemetaan lokasi atau tempat yang rawan terhadap kemacetan, pelanggaran, dan kecelakaan.

Binluh kepada masyarakat tentang tertib berlalu lintas melalui giat sosialisasi dan binluh melalui pemasangan spanduk, banner, baleho, penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik dan media sosial.

“Melaksanakan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka dan pelanggaran Lalu lintas, dan penindakan pelanggaran lalu lintas menggunakan ETLE Statis dan Mobile serta blangko teguran,” jelasnya.

Kapolres juga menekan kepada personil yang bertugas agar selalu melaksanakan tugas Operasi dengan penuh rasa tanggung jawab dan didasari dengan niat beribadah dalam setiap kegiatan, semoga Allah Swt Tuhan yang maha esa meridhoi setiap pelaksanaan tugas.

Selain itu, kedepankan sikap senyum, sapa, salam dalam pelaksanaan penindakan agar lalin baik yang bersipat teguran maupun penilangan.

“Jaga keselamatan, tingkatkan kewaspadaan terhadap pihak pihak yang berniat melakukan perbuatan negatif terhadal Polri, serta menjaga dan menciptakan situasi yang kondusif menjelang masuknya bulan suci Ramadhan tahun 2024 serta persiapan dari sekarang Operasi ketupat 2024,” pungkasnya. (Boy)

News Feed