You are here
Jokowi Tunda Berangkat Ke Austarlia HEADLINE 

Jokowi Tunda Berangkat Ke Austarlia

JAKARTA, MS – Pasca aksi unjuk rasa 4 November 2016 kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk menunda agenda kunjungan kenegaraannya ke Australia. Semula presiden diagendakan untuk bertolak menuju Australia Sabtu malam ini dan akan berada di Australia hingga 8 November 2016 mendatang.

Jokowi sendiri sekitar pukul 10.30 WIB tadi telah menghubungi Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull untuk menyampaikan kabar penundaan kunjungan tersebut. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga telah menugaskan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk membahas ulang penjadwalan kunjungan tersebut.

Hubungan kedua negara saat ini sedang berada pada kondisi yang sangat baik. Kedua negara selalu berkomitmen terus meningkatkan hubungan kenegaraan yang sangat penting ini.

Pemerintah Indonesia sekaligus menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Australia yang telah melakukan persiapan yang sangat baik guna menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan demo bela Islam yang digelar 4 November ini telah ditunggangi aktor politik. “Saya menyesalkan kejadian bada (sesudah) isya, seharusnya (demo) sudah bubar tapi rusuh. Dan ini sebelumnya telah ditunggangi aktor politik untuk memperkeruh situasi,” ujarnya.

Meski begitu, Jokowi mengucapkan terima kasih kepada kiai, ustaz dan ulama yang telah memimpin umatnya dengan tertib saat berunjuk rasa tadi.

Sementara mengenai tuntutan pengunjuk rasa terkait dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jokowi menyebutkan telah memerintahkan untuk dituntaskan secara tegas, cepat dan transparan. (Snd/In)

Related posts

Leave a Comment