You are here
Kabel Travo PLN Digasak Pencuri, Listrik Alami Pemadaman KRIMINAL 

Kabel Travo PLN Digasak Pencuri, Listrik Alami Pemadaman

PRABUMULIH, MS – Ulah kawanan spesialis pencuri kabel terus menebar teror. Bila sebelumnya ratusan meter kabel travo milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang ada di wilayah Kebun Duren dan Perumahan Cindai berhasil mereka curi, kini giliran kabel travo LE0249 wilayah Muara Sungai, Kecamatan Cambai berdaya 50 KVA ini kembali digasak kawanan pelaku.

Akibatnya, ratusan rumah penduduk yang tinggal di sekitar travo tersebut harus mengalami pemadaman selama beberapa hari. Kejadian yang sudah kelima kali terjadi selama hampir setahun ini menyebabkan pihak PLN Ranting kota Prabumulih mengalami kerugian sekitar puluhan juta rupiah.

Kepala Ranting PLN kota Prabumulih, Feri membenarkan kabel travo jenis LPTC 3 X 70 X 50 Travo LE0249 Muara Sungai, telah dirusak dan dicuri oleh kawanan pelaku spesialis pencuri kabel, pada Jumat (12/8) malam kemarin. Menurut ia, diduga para pelaku beraksi dengan cara merusak material cat out yang ada di atas tiang PLN.

“Diduga para pelaku ini pemain lama yang sebelumnya pernah berhasil ditangkap. Setelah bebas kemudian mencuri lagi, karena paham dan mengerti soal kabel,” ungkap Feri, Minggu (14/8).

Feri menuturkan, pihaknya terus memberikan himbauan kepada masyarakat agar segera melapor ke polisi atau petugas PLN jika melihat tindakan mencurigakan di sekitar lokasi travo atau asset PLN lainnya. “Untuk mengantisipasi dan menekan terjadinya pencurian kabel travo ini kita terus melakukan himbauan kepada masyarakat agar segera memberitahukan dan melapor ke polisi atau kita, saat melihat tindakan mencurigakan di sekitar lokasi travo PLN,” jelas Feri.

Terakhir, sambung Feri, upaya lain yang dilakukan yakni dengan menganti bahan material kabel travo dengan bahan kabel dari alumunium. “Karena biasanya pelaku hanya mengambil tembaga yang ada dalam kabelnya saja, jadi kita ganti yang berbahan alumunium,” tandasnya. (nor)

 

Related posts

Leave a Comment