You are here
Kades Desa Durian Seginim Sampaikan Pencapaian Dana Desa Pada BETV BENGKULU HEADLINE 

Kades Desa Durian Seginim Sampaikan Pencapaian Dana Desa Pada BETV

Bajul 9

BENGKULU SELATAN, MS – Kepala Desa (Kades) Durian Seginim Nofrizal menyampaikan pencapaian dana desa dalam program, Desaku Beken kepada BETV dan Metrosumatera.com (MS), Rabu (23/1/2019).

Bajul 5 “Ya, merujuk pada Premendes No 16 Tahun 2018 yang dimuat pada Pasal 5 tentang bidang kesehatan masyarakat, pendidikan dan kebudayaan, transportasi, ekonomi, serta berbagai bidang lainya. Kita langsung memaparkan kegiatan dana desa kepada masyarakat,” ungkapnya.

Kades yang didamping Kasi pembangunan dan Pendamping Desa menjelaskan tahun ini membangun gedung serba guna dan juga menambah dua item usaha Bumdes yaitu water kangen berupa produksi air mineral dan juga berpungsi sebagai obat herbal.

“Sedangkan ternak ayam petelur yang sekarang baru berusia 2 minggu, untuk tahun 2018 ini adalah tahap pertama dengan jumlah sebanyak seribu ekor. Rencananya kedapan kami akan menambah lagi sekitar seribu lima ratus ekor lagi ayam petelur,” ujarnya.

Ia berkeyakinan usaha ayam petelur ini prospeknya sangat bagus. “Kalau kita melihat dari kebutuhan masyarakat, telur ini tidak pernah sepi peminat, bangsa pasarpun sangat lancar penjualanya. Untuk Kabupaten Bengkulu Selatan, telur ayam beras ini masih di pasok dari Provinsi Bengkulu,” jelas kades.
Dengan tambahan dua item usaha Bumdes, ini akan menambah lapangan perkerjaan bagi warga Desa Durian Seginim, karena sebelumnya sudah ada sewa tenda untuk usaha Bumdes yang sudah berjalan sampai saat ini. “Jadi durian seginim kedepannya akan lebih fokus pada Ekonomi kerakyatan sesuai dengan Premndes N0 16 Tahun 2018 dengan cara memperbanyak usaha Bumdes sehingga pada akhirnya akan banyak menerima tenaga kerja,” tambah Kades.

Saat ditanya kegiatan fisik? Kades meminta jembatan yang ada di Desa Durian Seginim yang menghubungkan tiga kecamatan yaitu kecamatan Kedurang ulu dan Kedurang Ilir serta Kecamatan Bunga Mas setiap minggunya mengeluarkan hasil panen sawit sebanyak 100 ton/perminggu berharap kepada Pemerintah Daerah maupun pusat agar ditingkatkan menjadi jembatan permanen,” pintanya. (bajul)

Related posts

Leave a Comment