oleh

Kapolres: Hati-hati Beli Hewan Qurban

LUBUKLINGGAU, MS – Menjelang hari raya Idul Adha, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Ari Wahyu Widodo, memberikan himbauan kepada masyarakat, untuk berhati-hati dalam membeli hewan qurban, sebab dikhawatirkan masyarakat bisa membeli hewan hasil curian dengan iming-iming harga yang jauh lebih murah.

“Jadi masyarakat, saya minta hati-hati saat membeli, sebab kalau harga jauh lebih murah dan lokasi pembelian bukan tempat resmi, baiknya patut dicurigai dulu,” ungkapnya.

Hal ini, seiring dengan berhasilnya jajaran Satreskrim Polres Lubuklinggau mengungkap kasus pencurian hewan ternak (Curnak), yang diakui oleh para pelaku mayoritas hasil curian dijual ke Kota Lubuklinggau.

“Masyarakat yang berniat untuk berqurban, agar membeli hewan kurban di tempat resmi atau langsung dengan peternaknya. Jadi, jangan sampai tergiur dengan harga yang murah, namun hewan qurban tersebut berasal dari hasil curian, tentu kan niat baik atau ibadah tersebut akan ternodai,” kata dia.

Kendati memang, sampai saat ini pihaknya belum lagi menerima laporan terkait kehilangan hewan ternak. Dirinya pun berharap, agar peternak juga bisa meningkatkan kewaspadaan terhadap ternaknya jelang Idul Adha.

“Ini kita sampaikan, karena dari hasil ungkap kasus, hasil curian hewan ternak itu dijual di pasar Lubuklinggau, bahkan pemotongan pun dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) di Lubuklinggau. Kalau bisa, masyarakat membeli hewan qurban yang disarankan oleh Pemerintah atau berizin,” ungkapnya. (sen)

News Feed