oleh

Karang Taruna se Kabupaten Lahat Ikuti Temu Karya Kecamatan dan Rapat Koordinasi

LAHAT,MS – Ratusan anggota Karang Taruna sekabupaten Lahat ikuti temu karya karang taruna dan rapat koordinasi yang di agenda akan berlangsung selama 2 hari ( 23 s/d 24 November 2023) yang berlangsung di hotel Buser.

Kepala Dina Sosial kabupaten Lahat, Ekman Mulyadi, S.Sos meneragkan, kegiatan temu karya karang taruna kecamatan dan rapat koordinasi Karang Taruna dilaksanakan berdasarkan UUD nomor 28 tahun 1959 tentang pembentukan daerah tingkat 2 dan Kotapraja di Sumatera Selatan, Lembaga negara Republik Indonesia tahun 1959 nomor 73 dan tambahan lembaran negara Republik Indonesia nomor 1821.

“Temu karya Karang Taruna adalah forum tertinggi organisasi karang taruna yang dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu untuk menyusun program kerja dan memilih pengurusan baru,” tutur Ekman, pada pembukaan temu karya dan rakor, Kamis (23/11/23).

Lebih lanjut dikatakannya, Karang Taruna sendiri adalah organisasi sosial masyarakat sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di lingkungan desa atau kelurahan.

Karang Taruna memiliki visi misi tujuan dan tugas pokok yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial kreativitas dan partisipasi generasi muda dalam pembangunan.

” Rapat koordinasi karang taruna tahun 2023 adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh pengurus dan anggota karang taruna untuk menyusun program kerja mengevaluasi kinerja dan menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di organisasi rakor karang taruna biasanya dilaksanakan secara berkala misalnya setahun sekali atau setiap semester tergantung dari kebutuhan dan kesepakatan masing-masing karang taruna.Rakor karang taruna juga dapat melibatkan pihak-pihak terkait lainnya seperti Pemerintah desa / kelurahan, tokoh masyarakat, mitra kerja dan lain-lain sesuai dengan agenda dan tujuan rapat,” jelasnya.

Bupati Lahat yang diwakili oleh kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Benni membuka secara resmi temu karya kecamatan dan rapat koordinasi karang taruna.

Dikesempatan itu beliau berharap agar Karang taruna yang mengikuti kegiatan temu karya dan rapat koordinasi dapat terlaksana dengan baik dan tercapainya tujuan dari kegiatan ini.

“Karang Taruna merupakan wadah para pemuda untuk turut serta didalam penggerak di dalam pembangunan sesuai dengan tema ” Muda, mandiri,berkarya,” itulah karang taruna,” tutup Kadispora.

Kiki Subagio selaku Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna ( MPKT ) Sumatera Selatan mengharapkan kepada ketua karang taruna kecamatan yang terpilih agar mampu membawa karang taruna ini untuk lebih maju dan bermanfaat bagi masyarakat di wilayah masing-masing.

” Jadikanlah Karang Taruna ini sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi dan menciptakan pemuda yang mandiri kreatif dan penuh karya,” tuturnya.

Kiki Subagio juga berpesan kepada para anggota Karang Taruna di dalam menjelang pemilihan umum ini sebagai organisasi kepemudaan diharapkan dapat menjaga kondisi agar tetap kondusif.

” Karang Taruna berperan harus berperan serta dalam menjaga keamanan dan kelancaran pemilu, agar dapat berjalan dengan baik dan lancar, jangan mudah terpengaruh dengan hal-hal yang membuat perpecah belahan, sebab pemuda lah yang menjadi ujung tombak kemajuan setiap wilayahnya masing-masing,” pesannya.

News Feed