oleh

Kawah Tarung Derajat UBL Fasilitasi Atlet POPNAS Lampung

BANDAR LAMPUNG, MS – Kawah Tarung Derajat Universitas Bandar Lampung (UBL) fasilitasi atlet pelajar Tarung Derajat untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional ke 14 (POPNAS XIV) 2017 pada 10 sampai 21 September mendatang di Semarang, Jawa Tengah berupa tempat berlatih dan alat olahraga.

“UBL juga akan memberikan beasiswa untuk kuliah di UBL kepada mereka yang berprestasi sebagai bentuk dukungan semangat dan apresiasi,” ungkap Yudha Putra selaku pelatih tim POPNAS Tarung Derajat Lampung dari Dinas Pemuda dan Olahraga (DISPORA) Provinsi Lampung pada Rabu (06/09/2017) di kawah Tarung Derajat, Gedung Pusat Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan lantai 2, Kampus Drs Hi RM Barusman.

Yudha turut berbangga akan fasilitas yang diberikan atas kerjasama Pengurus Provinsi Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Peng. Prov KODRAT) Lampung dan UBL serta dukungan dari KONI Provinsi Lampung. “Di tempat ini juga disediakan alat-alat yang cukup lengkap sehingga mereka dapat nyaman dalam berlatih,“ kata Yudha.

Selain itu, para atlet Tarung Derajat yang mewakili Lampung pada POPNAS tahun ini ada enam petarung pelajar yaitu Cikal Farrah Labita dari SMA N Pesisir Selatan, atlet dari SMK N I Ngambur yakni Miswanto, Hafiz Zullah, Septin Zeri dan Jaja Hendriadi serta Desmalia dari SMA N 4 Bandar Lampung. Mereka telah mendapat ijin dari sekolah masing-masing untuk dua bulan semenjak awal Agustus lalu sampai pelaksanaan kegiatan nanti.

“Para atlet ini merupakan hasil seleksi dari Dewan Pelatih dan juga peraih medali emas pada saat seleksi yang dilakukan Peng. Prov KODRAT Lampung dalam bentuk Kejuaraan Daerah yang digelar pada bulan Mei yang lalu,” kata Yudha sambil mengatakan beberapa atlet juga sebelumnya sudah mengikuti exibisi pada 9 September 2015 di Bandung yang lalu.

Dikatakan dia bahwa para atlet pelajar ini sudah berlatih intensif selama dua bulan. “Teknik dan aturan-aturan pertandingan sudah saya berikan kepada mereka ditambah dengan dukungan dari para senior mereka yang ikut memberikan masukan selama masa pelatihan ini,” imbuhnya.

Sebagai bentuk motivasi Yudha mengajak para atlet pelajar untuk tidak berfikir tentang kejuaraan namun berproseslah pada kesempatan ini sebagai ajang untuk membentuk diri semakin disiplin dengan mengikuti sistim pelatihan yang sudah ditetapkan. “Jika berbicara target saya optimis salah satu dari mereka mendapat medali perak,” ungkap pelatih.

Miswanto dari SMK N I Ngambur mengaku bangga terlibat pada kegiatan tingkat nasional ini. Ia mengaku menyukai Tarung Derajat sejak SMP. “Ini merupakan impian saya dari SMP,” kata Miswanto.

Sedangkan Cikal Farrah Labita dari SMA N I Pesisir Selatan turut berbangga karena pertama kali mewakili provinsi Lampung. “Allhamdulilah dapat membanggakan orang tua dan sekolah apalagi mewakili provinsi Lampung,” ungkap Cikal.

Di sisi lain, Provinsi Lampung khusus untuk cabang olahraga Tarung Derajat adalah yang pertama kali diikutsertakan. Awalnya hanya mendapatkan tiga kuota dari Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) Lampung, namun berkat dukungan dan bantuan dari pengurus cabang, pelatih dan pengurus provinsi Kodrat Lampung sehingga dapat mendaftarkan tiga lagi.

“Sebagai bentuk dukungan pengurus KODRAT Lampung, tiga atlet lainnya akan diberangkatkan dengan biaya yang ditanggung pengurus,” ungkap Bery Salatar selaku Sekretaris Umum Peng. Prov KODRAT Lampung.

Sementara itu, Ketua Umum Peng. Prov KODRAT Lampung, Dr Ir M Yusuf S Barusman MBA berharap supaya para petarung tingkat pelajar dapat memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Lampung pada ajang POPNAS XIV ini. “Ajang ini merupakan kesempatan untuk menambah pengalaman dan jam terbang para petarung pelajar ini pada tingkat nasional,” pungkasnya. (sal/ril)

News Feed