You are here
Keberadaan HIPMI Bantu Galakkan Sektor UMKM DAERAH HEADLINE 

Keberadaan HIPMI Bantu Galakkan Sektor UMKM

LUBUKLINGGAU, MS – Keberadaan Badan Pimpinan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC HIPMI) Kota Lubuklinggau sangat membantu untuk meningkat perekonomian masyarakat khususnya pelaku usaha UMKM.

Hal ini diungkapkan Ketua BPC HIPMI Kota Lubuklinggau periode 2017-2019, Sara Nurma,SE usai pelaksanaan Musyawarah Cabang BPC HIPMI Kota Lubuklinggau di Hotel Dewinda, Senin (18/11/2019).

“Alhamdulillah semasa saya memimpin tiga tahun kemarin, banyak hal yang dilakukan untuk meningkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM di Kota Lubuklinggau,”ungkap ibu anak dua ini.

Perempuan kelahiran 1984 ini menceritakan bahwa dirinya berkiprah di dunia kontraktor itu sejak tahun 2015-2016. Hal yang memotivasi untuk berkecimpung dalam usaha kontraktor karena diawali dengan pertemanan.

“Awalnya sering berteman dengan teman kontraktor karena banyak yang perempuannya. Banyak belajar dari mereka juga, dimulai dari hal kecil dulu, karena pertemanan kita dulu ketertarikan dibidang usaha ini,”tuturnya.

Sara mengungkapkan dirinya tetap eksis sampai hari ini karena memang harus bekerja mencari nafkah buat anak, karena hal itu yang bisa dilakukan sekarang dan dirinya juga suka pekerjaan itu.

Lanjut Sara, HIPMI tiga tahun belakang bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) dalam hal memajukan UMKM yang ada di Kota Lubuklinggau, seperti mengikuti bazar di Palembang.

“Saya berharap Ketua HIPMI terpilih bisa melanjutkan estapet kepemimpinan, jangan salah keberadaan HIPMI tak hanya untuk pengusaha besar saja tetapi untuk semua kalangan penguasaha mulai dari kecil, menengah hingga yang besar. Tidak harus pengusaha yang kaya dan besar saja, itu anggapan yang salah,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua BPC HIPMI Kota Lubuklinggau periode 2019-2023 yang baru, Deby Susanto Sumadi, SE mengatakan UMKM di Kota Lubuklinggau juga motorium untuk pertumbuhan perekonomian. Banyak hal harus dilakukan agar pertumbuhan ekonomi meningkat.

Bagaimana caranya untuk mewujudkan itu, sambung Deby pertama membantu permodalan dengan bunga rendah dengan menggandeng perbankan, kedua mempromosikan produk dan jasa yang ada di Kota Lubuklinggau.

“Misalnya ada kegiatan Dekranasda dan PKK. Kedua bagaimana melatih anak muda. Saya ingin anak muda itu mempunyai potensi, misalnya kerajinan nanti kita kasih modal dengan bunga yang rendah,”terangnya.

Sementara Wakil Walikota Lubuklinggau, H Sulaiman Kohar sangat mengapresiasi keberadaan BPC HIPMI di Lubuklinggau, karena HIPMI punya andil dalam membangun Kota Lubuklinggau.

“Banyak membantu pemda dalam hal pelaku usaha, kiprahnya ke pemkot banyak. Harapan kita juga sesuai visi dan misi Pemerintah Kota Lubuklinggau menjadikan Lubuklinggau sebagai kota metropolis yang madani,” pungkasnya.(dhia)

Related posts

Leave a Comment