You are here
Kelompok Tani Ujanmas Baru Bentuk Gapoktan DAERAH 

Kelompok Tani Ujanmas Baru Bentuk Gapoktan

MUARAENIM, MS – Untuk memperkuat kelembagaan petani yang ada, sehingga pembinaan pemerintah kepada petani akan terfokus dengan sasaran yang jelas, beberapa kelompok tani di Desa Ujanmas Baru kecamatan Ujanmas Kabupaten Muaraenim membentuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Ketua Gapoktan Ujanmas Baru terpilih  Mukti Irawan mengatakan pembentukan Gapoktan tersebut didasari oleh visi yang diusung, bahwa pertanian modern tidak hanya identik dengan mesin pertanian yang modern tetapi perlu ada organisasi  ekonomi yang mampu menyentuh dan menggerakkan perekonomian di pedesaan melalui pertanian.

“Gapoktan tersebut akan senantiasa dibina dan dikawal hingga menjadi lembaga usaha yang mandiri, profesional dan memiliki jaringan kerja luas,” ujar Mukti, Selasa (25/4/2017).

Dikatakan oleh Mukti, lembaga utama yang akan menjadi pendamping Gapoktan adalah Dinas Pertanian dan Tanaman Holtikultura Kabupaten Muaraenim yang akan melakukan pembinaan melalui penyuluhan ataupun pelatihan serta berupa bantuaan bibit dan alat pertaniaan.

Dia juga melanjutkan bahwa para penyuluh merupakan ujung tombak para petani di lapangan untuk penguatan implementasi berbagai kegiatan pemerintah yang didistribusikan ke desa-desa.

Kepala Desa Ujanmas Baru Nurman mengatakan dengan terbentuknya Gapoktan ini dirinya berharap produksi sayur mayur dan Palawija di Ujanmas Baru dapat meningkat, sehingga dapat meningkatkan perekonomiaan masyarakat desa Ujanmas Baru.

Sementara itu, Faizal Anwar tokoh masyarakat kecamatan Ujanmas, terkait terbentuknya Gapoktan tersebut mengatakan bahwa dulu Ujanmas pernah menjadibLumbung Pangan Kabupaten Muaraenim.

Untuk mengembalikan kejayaan itu, dirinya berharap pada Pemkab Muaraenim melalui Dinas Pertaniaan dan Tanaman Holtikultura agar dapat memfasilitasi para petani.

“Semoga Pemkab dapat memberikan penyuluhan, pendampingan dan memberi bantuaan bibit serta asuransi gagal panen kepada para petani sehingga visi Muaranim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera dapat terwujud,” pungkas Ketua Komis I DPRD Muaraenim ini. (dev)

Related posts

Leave a Comment