oleh

Kembangkan Bakat Pelajar, Disdikbud OKUT Gelar Festival Pelajar

OKUTIMUR, MS – Bertemakan Merdeka Berprestasi, Talenta Menginspirasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), OKU Timur menyelenggarakan event Festival Pelajar di OKU Timur

Festival pelajar ini dimulai dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) serta Gala Siswa Indonesia (GSI).

Ketiga festival atau kegiatan tersebut dipusatkan Disdikbud OKU Timur di Lapangan Desa Jatimulyo, Kecamatan BMR. Kegiatan ditandai dengan melemparkan tolak peluru yang langsung dilakukan Kadisdikbud OKU Timur Wakimin SP.d, MM yang juga seorang atlet Taekwondo.

Disampaikan Kadisdik, Festival pelajar ini sengaja digelar untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik didalam bidang olah raga dan seni bela diri yang diminati, hal ini perlu untuk tumbuh kembang peserta didik.

“Kita mempersiapkan olahragawan berprestasi sejak usia dini. Serta mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri, dan rasa tanggung jawab,”terang Wakimin dihadapan para peserta Festival pelajar dan tenaga guru yang hadir.

Kemudian guna mengembangkan ekspresi seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karaker peserta didik.

“Kegiatan O2SN, FL2SN dan GSI, ini hanya wadah untuk peserta didik berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif bagi peserta didik,” tambahnya.

Wakimin juga menekankan kepada peserta didik agar dalam festival pelajar ini mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara maksimal. Sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten OKU Timur.

Yang menjadi membanggakan, sambung Wakimin pada tahun kemarin salah satu pelajar OKU Timur masuk sampai ke tingkat nasional.

“Untuk itu diharapkan tahun ini juga dapat melaju ke tingkat nasional. Ini juga kita mengirimkan 9 atlet asal OKU Timur mewakili Provinsi Sumatera Selatan dibawah binaan KORMI dalam mengikuti olahraga tradisional tingkat nasional di Jawa Barat,” ucapnya.

Kepada para atlet dan official, pintanya agar dapat mencapai janji atlet.
Serta untuk juri dan wasit dapat menjalankan amanah sebagaimana semestinya.

“Saya juga mengharapkan agar kiranya kegiatan ini melahirkan para atlet dan penggiat seni yang akan berkompetisi di tingkat selanjutnya,” ucapnya.

Ketua Pelaksana Festival Pelajar OKU Timur Edi Subandi, SE, MM mengatakan peserta festival pelajar merupakan siswa SD dan SMP se OKU Timur.

Dimana peserta yang telah lolos seleksi secara daring melalui pendaftaran yang
telah disediakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

“Perlu kami sampaikan bahwa peserta yang berhasil di tingkat kabupaten akan mengikuti kegiatan yang sama di tingkat provinsi,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Festival Pelajar ini dilaksanakan dari tanggal 12 sampai dengan 15 Juni 2023.”Kegiatan ini dibagi menjadi 4 zona. Jadi cabang lomba dilaksanakan sesuai sarana dan prasarana lomba,” pungkasnya. (Boy)

News Feed