You are here
Untuk Ketiga Kali, Pemkot Prabumulih Raih Penghargaan WTP DAERAH HEADLINE 

Untuk Ketiga Kali, Pemkot Prabumulih Raih Penghargaan WTP

PRABUMULIH, MS – Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih kembali penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk ke tiga kalinya.

Walikota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM mengaku, untuk mendapat opini WTP tidak mudah. Namun, Pemkot Prabumulih terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengerjakan setiap kegiatan sesuai standar yang sudah diatur pemerintah.

“Terlebih lagi setiap penyusunan laporan keuangan harus dikerjakan dengan sistem accrual basic. Sehingga dengan sistem baru tersebut tentunya banyak hal baru yang harus dipelajari,” ungkap Walikota.

Penghargaan itu diberikan, dikatakan Ridho, sebagai bentuk kerja keras dari tim seluruh SKPD di lingkungan Pemkot Prabumulih.

“Ini reward sebuah penghargaan atas kerja keras dan semangat serta komitmen kita semua,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Prabumulih Jauhar Fahri SE AK CA menuturkan, opini WTP diberikan dengan kriteria sistem pengendalian internal memadai dan tidak ada salah saji yang material atas pos-pos laporan keuangan.

“Penghargaan diberikan langsung oleh Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) provinsi. Intinya secara keseluruhan laporan keuangan telah disajikan dan dikerjakan secara wajar sesuai dengan SAP,” ungkap Jauhar.

Masih kata Jauhar, capaian standard tinggi untuk penyusunan laporan keuangan Pemkot Prabumulih hendaknya jangan dilihat sebagai sebuah prestasi administrasi yang normatif semata tetapi perlu dimaknai sebagai sebuah penghargaan atas komitmen, integritas, profesionalitas dan transparansi tata kelola pemerintahan dalam melaksanakan kebijakan pengelolaan keuangan daerah secara baik dan benar.

“Ada empat kriteria penilaian yang dilakukan, yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern. Alhamdulillah kita masuk dalam kriteria penilaian tersebut,”

Dengan diperolehnya WTP ini, sambung Jauhar diharapkan kedepannya Pemerintah Kota lebih baik lagi.

“Untuk itu kita akan terus tingkatkan kualitas kerja dan SDM serta didukung dengan bimtek untuk menguasai sistem penyusunan laporan keuangan,” tandasnya. (nor)

Related posts

Leave a Comment