You are here
Kiprah dan Pengabdian Lulusan UBL Ditunggu Masyarakat HEADLINE NASIONAL PENDIDIKAN 

Kiprah dan Pengabdian Lulusan UBL Ditunggu Masyarakat

BANDAR LAMPUNG, MS – Pelaksanaan yudisium dan pengukuhan para wisudawan Universitas Bandar Lampung (UBL), periode ganjil 2017/2018 berlangsung sukses. Dengan meluluskan 421 orang wisudawan, yang terbagi atas 193 lulusan program Sarjana (S1) dan 228 lulusan program pascasarjana (S2), Kamis (9/11/2017) sebagai tonggak dicetaknya insan intelektual bangsa, yang kiprah dan pengabdiannya ditunggu masyarakat.

Prosesi wisuda dihadiri, Rektor UBL, Ketua dan pengurus Yayasan Administrasi Lampung (YAL), para Wakil Rektor, Direktur dan Wakil Direktur Program Pascasarjana (PPs), Kaprodi, Sekprodi, Kepala Biro dan Anggota Senat dilingkungan UBL. Termasuk para undangan terdiri Gubernur Lampung, Ketua Kopertis Wilayah II, Kapolda, Komandan Konrem Gatam, Komandan Danlanal, para Walikota dan Bupati, Anggota Forkompinda, pimpinan Perguruan Tinggi se-Lampung serta para wisudawan berikut keluarga.

Rektor UBL Dr Ir M Yusuf S Barusman, MBA dalam pidatonya, di Convention Hall Mahligai Agung, Kampus B, Pascasarjana Dra. Hj. Sri Hayati Barusman. Rektor UBL menegaskan prosesi wisuda tidak hanya wujud keberhasilan para mahasiswa menyelesaikan studi dibangku kuliah. Tapi, menjadi titik awal mengimplementasikan ilmu dan praktiknya kepada masyarakat. Bentuknya, dengan terus menerus belajar, mengembangkan diri, dan lebih bernilai di kehidupan.

“Saya harapkan selepas ini (wisuda), saya berpesan pada kalian (wisudawan) agar selalu menjaga nama baik almamater. Tentu dengan menunjukan sikap mampu bersaing dan terus berbuat kebaijkan dimasyarakat. Sehingga masyarakat dapat menghargai ilmu pengetahuan, pengalaman, eksistensi, pelayanan, reputasi, dan tanggungjawab kalian,” terangnya.

Dalam kesempatan sama, Rektor UBL juga menyampaikan berbagai bentuk perkembangan dan keberhasilan UBL dalam beberapa tahun terakhir. Seperti, UBL melaksanakan akreditasi dan penjaminan mutu institusi yang telah ditetapkan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT).

Bahkan, luar biasanya Yusuf menegaskan progress UBL menuju kualitas pertama ditingkat nasional, terlihat dengan diraihnya akreditasi A, untuk dua prodi yakni magister manajemen (MM) dan teknik sipil (TS) . Diraihnya kedua akreditasi A ini menjadi pertama di Sumatera.

“Khusus buat akreditasi A TS UBL menjadi yang ke-11 yang diterima TS diseluruh Indonesia, dan merupakan satu satunya prodi TS di Lampung yang memperoleh Akreditasi A diluar pulau Jawa. Tentu, langkah ini (akreditasi A) juga akan diikuti ditingkat institusi, fakultas dan prodi lain, yang saat ini tengah melaksanan proses re-akreditasi,” ujarnya.

Selain itu, UBL turut sukses, dengan terus mempertahankan jumlah terbanyak dalam penerimaan beasiswa pretasi akademik, non akademik, dan sosial di Kopertis Wilayah II, Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Selain itu, baik fakultas, program studi, dan berbagai unit kerja UBL lainnya juga terus mengembangkan kerjasama dan pelaksanaan kepercayaan bersama Kopetis Wilayah II, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, dan berbagai sektoril lain. Terutama dalam pengembangan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat bersama berbagai stakeholder. Untuk infrastruktur, UBL juga meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana prasarana dengan standarisasi dilevel nasional.

“Kita fokuskan pada pola pengembangan berbasis SDM dan infrasturktur dalam berbagai kegiatan universitas, fakultas, prodi, kemahasiswaan (Badan Eksekutif Mahasiswa/BEM, Himpunan Mahasiswa Program Studi/HMPS,  Unit Kegiatan Mahasiswa/UKM) ; seminar, workshop, penelitian dan pengabdian masyarakat para sivitas akademika (dosen dan mahasiswa), terus menunjukan prestasi dilevel nasional hingga internasional,” bebernya bangga.

Dalam pengukuhan kali ini pula, UBL menyertakan 12 orang lulusan terbaik, yang diraih Stefani, SM untuk FEB, Rusman Sitohang, S.A.B. untuk Fisip, FX. Artho Wijoyo, S.H untuk FH, Dian Puspita Sari, S.T untuk FT, Mahmudah, S.Kom untuk FIK, Loren Larasati, S.Pd. untuk FKIP, Isticharoh Darmawan, SE.,MM untuk MM, Farlin Rosyad, ST.,MT untuk MT, Nilam Sari Saputri, SH.,MH untuk MH. Sedangkan, Aep Susanto, S.Si.,M.Si, Futri Stella Arisafitri, S.I.Kom.,S.ST.,M.Si, dan Intan Permata Putri, S.A.N, M.Si untuk MIA.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Administrasi Lampung (YAL) Dra. Hj. Sri Hayati Barusman ikut menambahkan bahwa keberhasilan prosesi wisuda berkat bantuan, serta kerjasama berbagai stakeholder yang dibina baik bersama UBL.

“Bentuknya memercayakan untuk melanjutkan pendidikannya di UBL baik sarjana (S1) maupun magister (S2). Termasuk, dalam pengembangan prestasi dibidang akademik maupun non akademik selama dikampus,”terangnya.

Koordinator Kopertis Wilayah II Prof. Dr. H. Slamet Widodo, MS, MM mendukung prosesi wisuda ini sebagai pengabdi masyarakat dan negara.”Saya mewakili kopertis kepada seluruh mahasiswa UBL, agar tampil sebagai sebagai pengabdi untuk mengamalkan Ilmu didapat selama kuliah. Apalagi diera globalisasi menuntut semua alumni bisa kerja keras, cerdas dan tuntas, ” kata Slamet.

Gubernur Lampung UBL M. Ridho Ficardo, SPi, MSi yang diwakili Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Theresia Sormin SH, yang secara nyata mengapresiasi upaya UBL yang telah meluluskan sejumlah Magister dan Sarjana di segala bidang dan tersebar diprovinsi Lampung, seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri.

“Saya berharap, lembaga pendidikan tinggi swasta UBL akan terus meningkatkan kinerjanya, baik dari segi kualitas maupun kuantitas lulusannya dengan harapan terwujudnya integritas,komitmen, sikap mental dan mutu menjadi  generasi  penerus  berkualitas dan profesional  melalui  kemampuan menerapkan keahlian bagi kemajuan daerah, bangsa dan negara,” tukasnya. (sal/ril)

Related posts

Leave a Comment