You are here
Komitmen Kawal Penggunaan Dana Hibah BNPB DAERAH HEADLINE 

Komitmen Kawal Penggunaan Dana Hibah BNPB

MUARAENIM, MS – Seusai meresmikan poliklinik dan pelayanan tilang di Kejaksaan Negeri Muara Enim (Kejari), siang tadi (21/07/2020) Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, S.H, langsung menghadiri rapat virtual perihal Komitmen Pelaksanaan Hibah Rehabilitasi dan Rekonstruksi Triwulan II Tahun Anggaran 2019 bersama Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Ir. Rifai, M.B.A,. yang diwakili Direktur Pemulihan dan Peningkatan fisik.

Melalui ruang rapat Bupati Muara Enim, Plt. Bupati didampingi Kepala BPBD Muara Enim, H. Abdurrozieq Putra, S.T., M.T., menyampaikan komitmennya untuk mempergunakan dana hibah dari BNPB senilai Rp. 5,4 miliar sesuai sasarannya guna pencegahan dan penanggulangan bencana alam.

Dalam keterangannya, Plt. Bupati akan mengalokasikan dana tersebut untuk membiayai pembangunan tembok penahan longsoran tanah pada 2 (dua) ruas jalan, yang terdiri dalam 2 kegiatan konstruksi, yaitu pada ruas jalan dari Desa Datar Lebar ke Desa Cahaya Alam dan pada ruas jalan dari Desa Cahaya Alam ke Desa Danau Gerak, Kecamatan Semende Darat Ulu.

Menurutnya hal ini memang sangat dibutuhkan untuk mengatasi dan mengantisipasi tanah longsor yang hampir tiap tahun terjadi di ruas jalan desa-desa tersebut.

Lebih lanjut, Plt. Bupati merincikan penggunaan dana hibah tersebut nantinya digunakan untuk pembiayaan belanja jasa konsultan perencanaan, belanja jasa konsultan pengawasan, belanja kontruksi dan belanja dukungan kegiatan lainnya. “Ditargetkan pada Desember 2020 mendatang, pembangunan tembok penahan longsor ini sudah rampung,” ujanya.

Selain itu Plt. Bupati menegaskan jajarannya untuk menyelesaikan pekerjaan konstruksi ini dengan cepat, berkualitas, taat tertib administrasi dan selalu bekerja sesuai prosedur atau peraturan yang berlaku sehingga dapat mempertanggungjawabkan pelaksanaan dana hibah dengan baik kepada pihak penyalur, dalam hal ini BNPB.

Sementara itu Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB nampak puas dengan dengan rencana dan penyampaian Plt. Bupati. Dirinya berharap program dana hibah tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama sekali bagi warga masyarakat di daerah rawan bencana. (az/ril)

Related posts

Leave a Comment