You are here
Komitmen Pemerintah Atas HAM Tidak Perlu Diragukan DAERAH HEADLINE 

Komitmen Pemerintah Atas HAM Tidak Perlu Diragukan

LAHAT, MS – Salah satu upaya untuk tingkatkan penghormatan, perlindungan, penegakan, pemenuhan dan pemajuan HAM dikabupaten Lahat Kantor wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sumatera selatan dengan pemerintahan kabupaten Lahat adakan sosialisasi Diseminasi HAM, dibuka oleh Seketaris daerah Lahat Drs H Masroni, bertempat, di Oproom Pemda belum lama ini.

Menghadirkan narasumber dari divisi pelayanan hukum dan HAM sumsel Bambang Setyabudi SH MH, kabid perlindungan perempuan dan anak dinas Perpu dan anak yulia Ning dop SPd MM, dihadiri juga oleh kabag Hukum Aby Sahmora SH MY, ASN, guru, kesehatan, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Disela pembukaan sosoalisasi Sekda Lahat Drs H Masroni, menyampaikan sebagai pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi hak hak masyarakat. “Komitmen pemerinta terkait HAM tidak perlu diragukan lagi,” tutur H Masroni.

Dalam sosialisasi yang di sampaikan oleh divisi pelayanan hukum dan HAM sumsel Bambang Setyabudi SH MH,
membahas terkait kepeduli HAM , yang mana upaya pemerintah untuk memingkatkan peran dan tangung jawabnya dalam Penghormatan, perlindungan pemenuhan, penegakan dan pemajuan hak azasi manusia.

Setiap warga negara mempunyai hak dalam mendapatkan hak haknya sebagai perorangan ataupun kelompok, hak azasi manusia ada 10 hak dasar, hak untuk hidup, hak berkeluarga dan melanjutkan keturunan, hak mengembangkan diri,hak memperoleh keadilan, hak atas kebebasan pribadi, hak atas rasa aman, hak atas kesejateraan, hak turut serta dalam pemerintahan, hak wanita dan anak.

“Untuk mewujudkan hak azasi itu kita harus berkoordinasi dengan pihak pihak yang terkait,” tutur Babang.

Abi Syahmora,SH.MT selaku Kabbag Hukum Setda Kabupaten Lahat dalam menanggapi acara sosialisasi ini mengatakan, dengan adanya acara ini merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah untuk pemajuan pemenuhan kebutuhan mengenai HAM.

Untuk pemenuhan HAM merupakan kewajiban bagi pemerintah daerah bagi masyarakatnya. Di Kabupaten Lahat sendiri ini sudah cukup baik dalam hal pemenuhan HAM dengan di buktikanya sudah 2 tahun berturut-turut menjadi Kabupaten yang peduli akan HAM.

Diseminasi ini diperuntukkan bagi pihak-pihak terkait agar selalu berkoordinasi untuk pemenuhan akan HAM di Kabupaten Lahat.

Ia berharap dengan adanya sosialisasi ini pemenuhan kebutuhan akan HAM semakin meningkat dan semakin terpenuhi. “Mudah-Mudahan koordinasi antara SKPD dan instansi lain dapat lebih di tingkatkan lagi agar dapat memenuhi dan kemajuan akan HAM di masyarakat Kabupaten Lahat.” harapnya. (nur)

Related posts

Leave a Comment