You are here
Bupati Lahat Serahkan Lima Alat Pertanian DAERAH HEADLINE 

Bupati Lahat Serahkan Lima Alat Pertanian

LAHAT, MS – Bupati Lahat Cik Ujang.SH didampingi Wakil Bupati Lahat H. Haryanto.SE MM MBA menyerahkan lima bantuan Perontok Padi ( Power Threser) kepada Lima Kelompok Tani di wilayah kabupaten Lahat, Kamis 2/4/2019. bertempat di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Lahat.

Kepala Dinas Pertanian Ir H Agustia Budiman dalam laporanya jelaskan bahwa Program prioritas dinas pertanian saat ini adalah Upsus pajale yang ditopang oleh bantuan alsintan, pupuk subsidi, benih, ansuransi tani, sarana dan orasarana seperti alat tanam padi, alat pengering padi , alat panen, terpal jemur, perbaikan jaringan irigasi jalan usaha tani, embung, perpompaan yang mana akan diberikan melalui APBN pusat maupun APBD 2019.

Bupati Lahat Cik Ujang SH pada acara Penyerahan Bantuan kepada Kelompok Tani yang menerima mesin pengirik padi
(Power Threser) dan Bibit Padi dalam arahannya menyampakan, Pemerintah baik Pusat maupun Provinsi khususnya Pemerintah Kabupaten Lahat sangat konsen dan peduli dengan bidang pertanian, khususnya dalam menunjang Program UPSUS, padi, jagung, dan kedelai mempertahankan swasembada pangan.

“Ini merupakan bentuk komitmen pemerintah Untuk mendukung sektor pertanian khususnya tanaman pangan pemerintah juga membantu menambah dan memodernisasi alat- alat pertanian salah satunya seperti Mesin Dos atau Pengirik Padi atau Power Threser
Sehungga dalam usah, petani lebih cepat, cangih efisien, tangguh dan mandiri,” sampainya.

Ditempat yang sama Ahmad Firdaus SP MM Kepala Bidang (Kabid) Tanaman Pangan sampaikan, sebanyak lima unit mesin dos/ mesin pengirik gabah melalui dinas Pertanian kabupaten Lahat diserahkan untuk kelompok tani, yang mana merupakan bantuan dari Pemerintah yang mengunakan dana dari TP APBN Provinsi.

“Semoga dapat di gunakan sebaik baiknya oleh petani, agar dapat meningkatkan mutuh gabah, karena alat ini lebih hemat waktu. Efesien, dan hasilnya lebih bagus,” harapnya.

Selain mesin dos /alat Pengirik gabah juga diserahkan pupuk dan bibit padi untuk kelompok tani.

Related posts

Leave a Comment