You are here
Koperasi Harus Miliki Sistem Manajemen Keuangan DAERAH 

Koperasi Harus Miliki Sistem Manajemen Keuangan

MUARAENIM, MS – Pemerintah Kabupaten Muara Enim menggelar pelatihan management akutansi keuangan. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan edukasi agar para pengurus koperasi mampu membuat laporan keuangan yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan yang digelar mulai tanggal 22 sampai 24 April 2019 tersebut. Dihadiri langsung oleh Arifudin selaku narasumber dari Kementerian Koperasi RI, Serta dua pakar bidang koperasi jasa Audit Akuntan Publik Palembang.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim, Surdin mengatakan, Koperasi harus memiliki sistem manajemen keuangan yang handal dan akuntabel, serta tata kelola yang bersifat kekeluargaan dan gotong royong.

“Saat ini sistem manajemen koperasi khususnya dibagian pengelolaan keuangan belum tercermin sepenuhnya. Untuk memperbaiki itu semua, maka peran dan partisipasi aktif dari seluruh anggota harus lebih diaktifkan lagi,” Ujarnya.

Masih kata Surdin, melalui pelatihan akuntansi koperasi diharapkan menjadi salah satu upaya meningkatkan sumber daya manusia guna menambah wawasan dalam pengelolaan administrasi keuangan koperasi.

Menurutnya, Setiap koperasi wajib menerapkan pedoman berdasarkan standar akuntansi Indonesia, sehingga aliran dana dalam koperasi dapat lebih transparan dan akuntabel.

“Selain memberikan pelatihan, kita juga memberikan satu unit komputer lengkap kepada pengurus atau koperasi yang mengikuti pelatihan,” pungkasnya. (al/red)

Related posts

Leave a Comment