oleh

Kopi ESCMKA Produk Andalan SMKN 2 Kota Pagar Alam

PAGARALAM, MS – Sekolah Menengah Kejuruan (SMKN) 2 pagaralam yang beralamat di Jalan Tatahan, Desa Sandarangin, Kelurahan Rabah Tinggi, Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagaralam meluncurkan produk unggulan berupa olahan bubuk kopi.

Bubuk kopi itu hasil dari kreativitas kewirausahaan siswa siswi SMK Negeri 2 Pagar Alam. Adapun produk andalan tersebut berupa Kopi ESCMKA.

Kepsek SMKN 2 Pagar Alam Pandara M.Pd kepada media ini, Selasa (23/03/2021) mengatakan, bubuk kopi escmeca salah satu andalah siswa siswi SMKN 2 disamping produk produk lainya seperti, teh pegagan, minyak gosok bandutan, fresdupala, juga produk olahan makanan lainnya. Kopi ESCMKA sendiri adalah jenis kopi robusta yang asli tumbuh subur di dataran tinggi hamparan gunung Dempo Pagaralam ini adalah tanaman asli petani kopi pagar Alam.

“Kota Pagar Alam adalah penghasil kopi terbesar di Sumsel,” ujar Pandara ketika ditemui diruang kerjanya.

Menurut dia, hasil produk olahan bubuk kopi tersebut merupakan andalannya. “Insya Allah andalan kami akan menjadi icon akan dilaunching pada tanggal 4 April 2021 mendatangkan. Kita akan mengundang rombongan Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel dan unsur Pemerintah Pagar Alam untuk datang ke sekolah ini sekaligus pengukuhan Forum Bursa kerja khusus SMK kota Pagar Alam dan MOU dengan dunia usaha dan dunia industri di kota Pagar Alam,” ungkapnya.

Masih menurut Pandra, adapun maksud tujuan dari dari produk olahan ini adalah agar meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi siswa siswi SMK.

“Kedepannya kita berharap siswa siswi SMKN 2 dapat menciptakan wirausaha bagi siswa siswi, dan dapat menembus market pasar di kota Pagaralam. Serta bisa menembus pasar nasional hendaknya,” harapnya. (Len)

News Feed