oleh

KPAD PALI Gelar Lomba Gemar Membaca

Para pelajar yang mengikuti lomba membaca.
Para pelajar yang mengikuti lomba membaca.

PALI, MS – Guna meningkatkan minat membaca, Kantor Perpustakaan Arsip dan Daerah (KPAD) menggelar lomba gemar membaca. Kegiatan itu diikuti seluruh Sekolah Menegah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTS)  di lima Kecamatan Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Acara dipusatkan di  Kantor Perpustakaan Arsip dan Daerah (KPAD), Jumat (12/8).

Kepala KPAD Kabupaten PALI H Zaibin SPd menuturkan, kegiatan ini hanya untuk memotivasi pelajar aga gemar membaca. Sebab dengan adanya membaca, pelajar bisa pintar.

“Adapun peserta yang mengikuti kegiatan berjumlah 100 orang tingkat SMP,” ujarnya sambil mengatakan dewan juri berasal dari guru SMA dan KPAD.

Untuk pemenang sendiri akan diberikan uang pembinaan. Untuk Juara 1 Senilai Rp 2,5 juta, juara II Senilai Rp 2 juta, Juara III senilai Rp 1 juta. dan juara harapan I, II,III senilai Rp 500 ribu. “Penilaian langsung dari membaca dan akan dipresentasekan di depan dewan juri,” ungkapnya.

Ia menambah kegiatan ini merupakan rangkaian dari ulang tahun kemerdekaan republik indonesia (RI) ke 71 tahun. “Setiap tahun di kantor ini ada kegiatan,” imbuhnya.

Asisten III Pemerintah Kabupaten PALI Ruswani mengungkapkan meminta maaf kepada bahwa bupati berhalang tidak bisa hadir di kegiatan ini. “Beliau (bupati, red) mendukung sekali kegiatan lomba membaca,” ujarnya.

Untuk itu, ia mengharapkan, agar para peserta untuk dapat mengikuti dengan baik. “Dengan membaca pelajar bisa pintar. Buku adalah modal pokok bagi pelajar,” pungkasnya. (yeng)

 

News Feed