oleh

KPUD Muba Bersama PPK Minta PPS Sosialisasi DPS dengan Cepat dan Tepat

IMG_20180326_080450

MUSI BANYUASIN, MS – Hasil keputusan rapat pleno terbuka nomor : 36/PK.01.-BA/1606/KPU-KAB/III/2018 mengenai rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) telah diserahkan KPUD Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) kepada PPK dalam Kabupaten Muba.

Dari hasil itu didapat DPS berjumlah 440.237 (empat ratus empat puluh ribu dua ratus tiga puluh tujuh), dimana pemilih laki-laki berjumlah 223.849 (dua ratus dua puluh tiga ribu delapan ratus empat puluh sembilan) dan pemilih perempuan berjumlah 216.388 (Dua ratus enam belas ribu tiga ratus delapan puluh delapan ) serta ditambah dengan rekapitulasi daftar pemilih potensial non E-KTP Kabupaten Muba sebanyak 35.184 (tiga puluh lima ribu seratus delapan puluh empat) yang akan di Cros chek dengan data yang ada pada Disdukcapil Muba. Untuk jumlah PPS sebanyak 240 yang berada di desa/kelurahan dengan jumlah TPS sebanyak 1.464 tersebar pada 14 Kecamatan Se-Kabupaten Muba.

Hasil Rapat Pleno KPUD Muba tentang Penetapan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang diserahkan kepada 14 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Muba itu berlansung di Sekterariat KPUD Muba berada di Kota Sekayu Jalan Merdeka Nomor. 808 Kelurahan Serasan Jaya, Sabtu (24/03/18).

Ketua KPUD Muba,H.A. Firdaus Marvel SE,MSi ketika dibincangi wartawan MetroSumatera berharap peran dan proaktif dari masyarakat terhadap DPS yang telah diserahkan KPUD kepada PPK. Yang selanjutnya akan segera dilakukan cross chek dan perbaikan DPS pada tingkat PPS. Sebelum ditetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh KPUD Muba untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Selatan tahun 2018.

“Saya mengimbau kepada masyarakat untuk melihat dan mengecek nama-namanya pada DPS yang di sosialisasi Oleh PPS di Desa atau kelurahannya masing-masing. Dan kita minta agar PPS juga segera Melakukan Perbaikkan DPS didesa/kelurahanya. Tentunya dengan begitu juga kita berharap Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Selatan ini, dapat berjalan dengan – baik dan lancar,” katanya.

Menurut dia, selepas pembagian DPS di KPUD Muba, PPK setiap kecamatan langsung mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) antara PPK dan PPS. “Seperti yang dilakukan oleh PPK di Kecamatan Sanga Desa,terkait DPS yang akan segera disosialisasikan kepada masyarakat secara luas,” ujarnya.

Ketua PPK Sanga Desa, Rusmin Nuryadin.SH.MH ketika rakor bersama Ketua Panwascam Sanga Desa, Sulaiman Sip, anggota PPK dan para Ketua PPS Se-kecamatan Sanga Desa saat membagikan DPS di Sektretariat PPK yang berada di Kelurahan I Kecamatan Sanga Desa meminta agar PPS dapat bekerja dengan cepat dan baik, serta tanggap bila terjadi komplain dari masyarakat. PPS harus bertindak cepat dan proaktif bila adanya data atau nama masyarakat selaku pemilih yang belum terdata atau belum ada dalam DPS, atau sekiranya ada pemilih yang namanya berada di TPS atau desa lain.

“ Para PPS harus proaktif dan dengan cepat supaya menempelkan atau melakukan sosialisasi DPS ke tengah masyarakat. Dengan cara menempelkan DPS itu pada tempat umum yang terlihat dengan baik oleh warga masyarakat. Sehingga warga selaku Pemilih dapat melihat DPS apakah terdata atau belom warga yang bersangkutan. Kalau pun ada sanggahan atau komplain dari warga, kita selaku PPS secepat mungkin untuk menanggapinya, dengan segera melaporkan hal tersebut sesuai mekanis dan aturan yang berlaku menggunakan Form yang tersedia. Saya berharap DPS ini bisa tersosialisasi dengan baik. Sehingga data valid saat akan ditetapkan menjadi DPT oleh KPUD Muba pada tahapan berikutnya,” pungkasnya. (sba)

News Feed