You are here
Lelang Proyek, Dijamin Tidak Ada Permainan DAERAH HEADLINE 

Lelang Proyek, Dijamin Tidak Ada Permainan

BANYUASIN, MS – Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Banyuasin menjamin pelaksanaan proses lelang proyek di Pemerintahan Kabupaten Banyuasin bersih dari permainan dan pungli. Hal itu diungkapkan Eko Rusdianto, Kabag ULP Kabupaten Banyuasin, kemarin.

“Sesuai intsruksi Wakil Bupati Banyuasin selaku Plt Bupati Banyuasin Ir Suman Asra Supriono MM agar proses lelang proyek tahun 2017 di Pemerintahan Kabupaten Banyuasin bersih dari permainan dan pungli. Kita jadikan kasus tahun lalu (OTT, red) sebagai pelajaran,” ungkap Eko Rusdianto.

Jika sebelumnya oknum kontraktor dapat melakukan lobi dengan menemui pimpinan atau kepala dinas terkait, maka pada tahun 2017 ini. Hal seperti itu dihapuskan bahkan dihilangkan di Bumi Sedulang Setudung ini. ”Kita hilangkan cara lama, jadi kepada kontraktor yang hendak ikut lelang proyek harus mengikuti prosedur,” jelasnya.

Apalagi sesuai pesan Wakil Bupati Banyuasin selaku Bupati Banyuasin Ir Suman Asra Supriono MM, dalam lelang proyek harus bersih, bebas pungli, profesional dan lain sebagainya.”Dan kita akan laksanakan hal tersebut,” tuturnya.

Kepada kontraktor baru yang ingin mengikuti proses lelang, pihaknya mempersilakan untuk mendaftarkan atau mendatangi ke ULP Banyuasin untuk mendapatkan login terlebih dahulu. ”Setelah itu dapat ikuti proses lelang, sesuai bidang kontraktor itu. Sedangkan bagi kontraktor yang biasa mengikuti lelang proyek di Banyuasin tinggal login saja,” tukasnya.

Jadi jika ada oknum yang menuduh ULP bermain dalam proses lelang proyek, diharapkan ada bukti kuat. ”Jangan asal tuduh saja,” tegasnya.

Kepada kontraktor, ia berpesan untuk tidak menjual proyek yang dimenangkan lelang itu. Karena biasanya ada oknum kontraktor, begitu menang lelang langsung menjualnya kepada pihak lain.”Sehingga hasil pembangunannya tidak begitu maksimal,” ungkapnya seraya menambahkan kalau dalam sistem lelang proyek di Banyuasin menggunakan sistem internet, dimana kontraktor harus ikut lelang sesuai prosedur yang ada.

Tahun 2017 ini baru ada sekitar 16 paket proyek yang sudah dilelang dan ada pemenangnya, seperti pengadaan makanan untuk kegiatan STQ.”Itu sudah pemenangnya,” imbuhnya.

Jika ada kontraktor yang merasa kesulitan untuk login, dapat melakukan login ke ULP Banyuasin. ”Itu sebagai tindakan untuk menghilangkan kecurigaan permainan,” pungkasnya. (ac)

Related posts

Leave a Comment