You are here
Mahasiswa UIN Raden Fatah Siap Terapkan Ilmu di Desa Ngulak 2 DAERAH HEADLINE 

Mahasiswa UIN Raden Fatah Siap Terapkan Ilmu di Desa Ngulak 2

MUSI BANYUASIN, MS – Mahasiswa dari Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Angkatan ke 69 tahun 2018 siap berdayakan dan terapkan ilmunya kepada masyarakat. Hal ini akan dilakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 11 Juli sampai 22 Agustus 2018. Kedatangan para peserta KKN ini diterima oleh Bupati Muba melalui Sekretaris Daerah Musi Banyuasin.

Dalilan MHum selaku DPL dari UIN Raden Fatah Palembang, saat berada dikediaman Kadus I Desa Ngulak 2 menjelaskan bahwa peserta KKN akan melakukan kegiatan serapan ilmu pengetahuan yang mereka miliki untuk masyarakat.

“Para peserta KKN dari berbagai jurusan dan program studi yang ada. Dan tentunya akan lakukan kunjungan ke pemerintahan desa yaitu kades dan kadus serta masyarakat,” ujarnya, Kamis (11/7/2018).

Kegiatan akademis KKN ini juga bertujuan ikut mengembangkan potensi desa yang ada bersama masyarakat. “Dengan jumlah peserta KKN perkelompok itu antara 11 dan 12 orang mahasiswa dari UIN Raden Fatah Palembang dari berbagai Jurusan. KKN dengan tema KKN Berbasis riset dan pengembangan potensi lokal berkarakter,” jelasnya.

Ditempat yang sama Sekdes Ngulak 2, Peri Agusti SPd.I didampingi oleh Kadus I, Juanda atau yang akrab disapa mamak Anda saat dibincangi dengan wartawan mengatakan, dirinya selaku pemerintah desa mengaku sangat senang dan menyambut baik kedatangan dan rencana kerja yanga akan dilakukan oleh para peserta KKN dari UIN Raden Fatah Pelembang.

“Kami sangat senang atas kehadiran para adik-adik mahasiswa yang KKN didesa ini. Dan kami akan mengajak dan membantu para adik-adik mahasiswa yang tengah mengadakan KKN ini untuk menggali dan menggerakkan potensi desa yang ada khususnya yang berbasis agama karena mereka adalah mahasiswa dari UIN Raden Fatah,” ungkapnya.

Bahkan, dalam waktu dekat ini menggerakkan masjid Desa Ngulak 2 sebab ada kegiatan pengajian rutin atau majelis taqlim ibu-ibu. “Kami berharap semoga dengan adanya KKN ini, bisa memberikan kontribusi dan manfaat pada masyarakat, baik itu ilmu, tenaga maupun fikiran untuk kemajuan bagi Desa Ngulak 2 khususnya dan Sanga Desa secara luas,” harapnya.

Sementara itu Ketua Kelompok 32 Mahasiswa KKN UIN dari Jurusan Hukum Ekonomi Syariah,Andi Asril mengungkapkan para peserta KKN akan mengedepankan progam jangka panjang di Desa guna menggali potensi Desa Ngulak 2 yang berbasis agama. Dimana sesuai dengan misi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan tema KKN.

“Dalam waktu singkat kami akan mengedepankan potensi desa yang berbasis agama seperti di Masjid Nurul Islam desa Ngulak 2 ini ada Majelis Taqlim dan pemberdayaan pada Remaja Islam masjid. Kami akan mengadakan sosialisasi tentang penaggulangan dan pencegahan penyalagunaan Narkoba. Atau intinya pembinaan rohani dan mental bagi remaja. Serta kami akan mengadakan berbagai lomba untuk motivasi bagi remaja islam masjid,” imbuhnya.

Untuk diketahui 12 orang peserta KKN dari Posko 32 hari pertamanya tiba pada kecamatan dan desa penempatan masing-masing kelompok atau Posko. Peserta KKN yang didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) itu, disambut oleh Kades Ngulak 2 yang diwakili oleh Sekretaris Desa (sekdes) dan Kepala Dusun I (Kadus I) Desa Ngulak 2 Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Bayuasin (Muba). (sba)

Related posts

Leave a Comment