oleh

MAN 1 Oku Selatan Laksanakan Pemilihan Umum Ketua MPK dan Ketua OSIMA

OKUS – Pemilihan Ketua Majelis Permusyawaratan Kelas ( MPK ) dan Organisasi Siswa Intra Madrasah ( OSIMA) di MAN 1 Oku Selatan menjadi ajang para siswa untuk belajar berdemokrasi.

Proses pemilihannyapun digelar layaknya pemilu. Beberapa atribut pendukung pemilu seperti daftar hadir, bilik suara, kotak suara, papan penghitungan, surat suara, petugas pemilu, dan tinta lengkap teresedia. Kegiatan pemilihan ini berlangsung pada hari Sabtu, 11 November 2023 pada di halaman Madrasah.

Sebelumnya, panitia pemilihan sudah melakukan agenda kampanye 3 paslon pengurus MPK dan OSIMA 3 paslon periode 2023-2024. Tentu saja, ketiga paslon tersebut merupakan representasi siswa-siswa terbaik di kelasnya dengan rekam jejak prestasi akademis dan ekskul yang baik. Mereka siap bertanding untuk menempati jabatan prestisius, Ketua MPK dan Wakil Ketua MPK serta Ketua OSIMA dan Wakil Ketua OSIMA masa bakti 2023-2024.

Adapun nama-nama paslon MPK tersebut antara lain paslon 1. Nadine Ayu Nadira dan Ramika Trendio Permata, pason 2, Akhmad Kholik Firdaus dan Haninatu Rahma, paslon 3, Veby Robian Saputra dan Raffy Aidil Putra Hadinata paslon OSIMA paslon 1, Aris Ibera Jirdan dan Wike Raisya, paslin 2, Gali Fajri Destian dan Akhmad Arif Arifin, paslon 3, Taufan Iskandar dan Paizal Ali Porgon.

Agus Komara Siswa Kelas XII, selaku Ketua Panitia menjelaskan jumlah partisipan pemilih MPK adalah sebanyak 606 pemilih dan jumlah partisipa pemilih OSIMA sebanyak 607 Jumlah ini sebanding dengan jumlah surat suara yang tersedia.

Di awal sambutannya, ia menyampaikan ungkapan terimakasih atas dukungan Kepala MAN 1 Oku Selatan dan segenap panitia atas kerjasama dan dedikasinya untuk menyukseskan kegiatan ini.

“ Siapapun paslon yang terpilih, kita wajib mendukung mereka secara penuh. Yang jelas, figur Ketua MPK dan OSIMA beserta Wakil Ketua MPK fan OSIMA tahun ini harus lebih aktif dan kreatif dibandingkan pengurus MPK dan OSIMA tahun sebelumnya.Kami percaya mereka bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab,” imbuhnya.

Kepala MAN 1 Oku Selatan, Komarudin, turut mengapresiasi pemilihan MPK dan OSIMA masa bakti 2023-2024 sebagai ajang pendidikan berdemokrasi yang sehat. Menurutnya, MPK dan OSIMA adalah satu satunya organisiasi resmi yang ada di sekolah.

Dengan menyandang predikat prestisius ini, maka pengurus MPK dan OSIMA harus bisa menjadi role model bagi organisasi ekskul – ekskul lainnya dalam hal tata organisasi dan manajeman keorganisasian.

“ Buat para paslon yang terpilih, jalankan roda organisasi MPK dan OSIMA dengan penuh tanggungjawab. Jadilah pribadi yang berkarakter ( akhlakul karimah) dengan menjunjung nilai santun, peduli, integritas, responsif, dan tanggungjawab ( SPIRIT). Buatlah target agar setiap program- kerja yang dirancang dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga sekolah,” tegasnya.

Berdasarkan hasil perhitungan suara yang dilakukan oleh panita, maka munculah nama-nama kandidat Ketua MPK dan OSIMA dan Wakil Ketua MPK dan OSIMA dengan perolehan suara sebagai berikut, untuk pemilihan ketua dan wakil ketua MPK Paslon 1 ; Nadine Ayu Nadira dan Ramika Trendio Permata meraih 217suara , pason 2, Akhmad Kholik Firdaus dan Haninatu Rahma meraih 80 suara, paslon 3, Veby Robian Saputra dan Raffy Aidil Putra Hadinata sementara meraih 228 suara, perolehan suara untuk pemilihan ketua dan wakil ketua OSIMA, paslon 1, Aris Ibera Jirdan dan Wike Raisya, paslin meraih 88 suara, padlon 2, Gali Fajri Destian dan Akhmad Arif Arifin meraih417 suara, paslon 3, Taufan Iskandar dan Paizal Ali Porgon meraih 83 suara. ( Slamat)

News Feed