You are here
MAN Muaraenim Gelar Tiga Event Sekaligus DAERAH PENDIDIKAN 

MAN Muaraenim Gelar Tiga Event Sekaligus

MUARAENIM, MS – Untuk meningkatkan prestasi dan menjalin silaturahmi, Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) Muaraenim mengadakan MAN Cup ke V tahun 2017. Penyelanggaraan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena juga diselenggarakan dua event lain secara bersamaan yakni Aksioma dan KSM tingkat Madrasah.

Acara bertema ‘Mengukir Prestasi di Sekolah Islami’ itu, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Muaraenim, H Nurul Aman, Senin (17/4/2017).

Kepala Kantor Kemenag Muaraenim, M Abduh dalam penyampaiannya mengatakan, pada event Aksioma dan KSM, peserta yang menjadi pemenang akan mewakili Kabupaten Muaraenim di ajang serupa pada tingkat Provinsi.

Pada kesempatan itu dirinya menjelaskan bahwa Madrasah adalah sekolah yang dinaungi oleh Kemenag RI dengan tujuan menciptakan generasi berkarakter Islami, yang tidak hanya intelek dalam ilmu pengetahuan akademik, juga faham mengenai ilmu keagamaan.

Ketua Komite MAN Muaraenim, Faizal Anwar saat menyampaikan sambutan mengatakan, pelaksanaan MAN Cup ke V serta penyelenggaraan Aksioma dan KSM tingkat Madrasah itu merupakan bentuk aktualisasi sekolah dalam
mendidik siswa.

Selain itu, dirinya mengatakan meski MAN merupakan sekolah yang bersifat Islami, namun lulusan dari sekolah tersebut setara dengan lulusan SLTA sederajat lainnya.

“Lulusan MAN juga mempunyai kesempatan yang sama dengan lulusan SLTA lain. Jadi jangan takut, jika sudah lulus kalian juga bisa menjadi Polisi, TNI, Dokter, Pilot atau yang lainnya,” ungkap Ketua Komisi I ini.

Sementara itu, H Nurul Aman dalam sambutannya mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan tersebut. Menurut Nurul, selain sebagai ajang kompetisi, event tersebut juga sebagai wadah silaturahmi antar pelajar.

“Kegiatan ini sejalan dengan visi kabupaten Muaraenim SMAS, atas nama pemerintah kami menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Man Cup ke V ini, dengan harapan dapat mencetak generasi yang handal dan berdaya saing,” imbuh Nurul.

Terkait fenomena penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja, Nurul mengimbau semua pelajar agar dapat menjauhi narkoba dan pergaulan bebas.

“Narkoba menghancurkan masa depan. Jika kalain mencoba narkoba maka ada tiga tempat yang bisa kalian tuju, yakni rumah sakit, penjara dan kuburan. Untuk itu, jauhi narkoba dan tingkatkan prestasi untuk mewujudkan Muaraenim SMAS,” pungkas Nurul.

Pada pembukaan MAN Cup ke V ini, para peserta dan tamu disajikan kolaborasi antara seni marawis, tari, paskibra dan pramuka. Adapun cabang perlombaan yang diadakan yakni MTQ, bola voli, marawis, tenis meja, talking english, rank agama dan ceramah yang diselenggarakan selama 3 hari. (Dev)

Related posts

Leave a Comment