You are here
Masalah Pengolaan Sampah, DLH Prabumulih Kunjungi Lahat DAERAH HEADLINE 

Masalah Pengolaan Sampah, DLH Prabumulih Kunjungi Lahat

LAHAT, MS — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lahat menerima kunjungan DLH Kota Prabumulih dalam rangka study banding terkait pengelolaan sampah dan bank sampah Induk yang ada di Kabupaten Lahat. Rabu (06/03/2019).

Kedatangan Kepala DLH Kota Prabumulih, yang diwakili Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Tim DLH Kota Prabumulih Ir Iwan Nusmareri MT Beserta 2 orang staf disambut oleh Kadis DLH Kabupaten Lahat Ir H Misri MT yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan sampah dan Limbah B3 dan PKLH Kabupaten Lahat H Budi Utama S IP beserta Kasi PKLH M Chairul Hakim serta Kasi Pengelolaan Sampah Samris SE.

Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan sampah dan langkah langkah pengurangan sampah yang dilakukan oleh DLH Kabupaten Lahat. Pada kesempatan tersebut mereka berkunjung ke unit Bank sampah sayangi Lahat yang mengelolah limbah tabung bekas gulungan bahan tabungan menjadi souvernir berupa celengan atau tempat koin.

“Kami sangat mengapresiasi peran Bank Sampah Induk dan bantuan DLH Kabupaten Lahat dalam menggiatkan Bank Bank Sampah Unit dan peran serta masyarakat dalam pengurangan sampah di Kabupaten Lahat, ” tutur Kepala DLH Kota Prabumulih, Melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Tim DLH Kota Prabumulih Ir Iwan Nusmareri MT.

Iwanpun berharap nantinya pihak DLH Kabupaten Lahat dapat berkunjung ke kota Prabumulih yang terkenal dalam pemberdayaan masyarakat dengan pengelolahan sampah mandiri dan pemberdayaan komonitas pengerak pengurus sampah.

Mereka diajak berkunjung ke bank sampah induk dan fasilitas sampah skala kota yg dipimpin oleh Bripka Dodi Permana S.H peraih penghargaan kalpataru tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Mereka juga melihat pengelolaan sampah bekas tebangan pohon dan sampah sisa sayuran dari Pasar diolah menjadi kompos di Kantor DLH Kabupaten Lahat.

“Seluruh Kegiatan ini tidak akan berhasil secara menyeluruh tanpa ada dukungan baik Regulasi Perda Persampahan berikut penegakan perda disertai dengan legislasi dalam penganggaran sarana dan prasarana layanan Persampahan yang dalam kondisi belum memadai untuk cakupan wilayah yang luas, kita juga saling berkonsultasi terkait pelaporan jakstrada dari kabupaten Lahat,” jelas Kepala Bidang Pengelolaan sampah dan Limbah B3 dan PKLH Kabupaten Lahat H. Budi Utama. S.IP. (nur)

Related posts

Leave a Comment