oleh

Menjelang Nataru, Pengunjung Mulai Terlihat Ramai Berwisata Di Perkebunan Teh Gunung Dempo

PAGARALAM – Pagaralam aman untuk dikunjungi, pemandangan yang kerap terjadi di Kota Pagar Alam pada saat momen liburan yakni padatnya sejumlah pengunjung di kawasan objek Wisata Kota Pagar Alam yang merupakan salah satu daerah destinasi Wisata di Sumatera Selatan (Sumsel) .

Pantauan dilapangan Minggu (24/12/2023) beberapa objek wisata yakni mulai dari Tangga 2001 (landing), Dempo Park, Tugu Rimau dan beberapa Air terjun yang ada di Kota Pagar Alam sudah mulai ramai dan dipadati pengunjung Wisatawan baik dari luar maupun dari Kota Pagar Alam.

Kedatangan wisatawan tidak hanya untuk menikmati keindahan kebun teh, air terjun dll namun juga untuk mengabadikannya bersama keluarga maupun kawan kerja.

Tentunya momen seperti ini juga memberikan berkah tersendiri seperti pengusaha hotel, villa, penginapan bahkan pedagang yang ada di kawasan seputar objek Wisata Gunung Dempo Kota Pagar Alam.

Siti (45 ), salah seorang pengunjung asal Provinsi Jawa Barat mengatakan dirinya bersama keluarga sengaja berlibur ke Kota Pagar Alam karena suasana alamnya yang masih asri. “Ini yang ke dua kalinya kami .berlibur ke Kota Pagar Alam sejak 2015 yang lalu,” ujarnya.

Senada Heru (45), salah seorang pengelola Villa MTQ di Kota Pagar Alam menambahkan, sebelumnya memang sudah diprediksi akan meningkat. Hal itu terlihat dari tingkat pesanan penginapan seperti Hotel dan Villa .

“Kebanyakan pesanan Villa sejak dua satu yang lalu. Jadi saat ini semua kamar sudah full Bokeng ,” jelasnya.

Ditambahkannya, kalau sudah dua atau tiga hari lagi menjelang pergantian tahun banyak wisatawan yang tidak akan lagi dapat kamar hotel, villa karena baru pesan saat beberapa hari menjelang libur. “Akan tetapi jangan takut untuk yang tidak dapat penginapan karena sudah banyak Homestay homestay yang di kelola oleh masyarakat di sekitar Wisata Gunung Dempo,” pungjasnya.

Di sisi lain, perayaan Natal dan Tahun Baru 2024, Polres Kota Pagar Alam Polda Sumsel Juga sudah menyiagakan Empat pos pengamanan, tentunya ada Dua Pos pelayanan dan Empat Pos Pantau, Kapolres Pagar Alam AKBP Erwin Irawan didampingi Kabag Ops AKP Herry Widodo di katakan Kasi Humas Polres Paino pada Minggu (24/12/2023).

ia juga menambahkan, ada empat pos pantau tersebut nantinya. Dimana pos itu berada di Pos Pantau MTQ Talang Beduk,Talang Pasai Tugu Rimau dan Tugu Jeep yang memantau kegiatan keluar masuknya Mobilitas ke Kota Pagar Alam.

“Pos Pantau gunanya untuk memantau dan mengatur rekayasa lalu lintas pada saat puncak kemacetan terjadi,” Jelasnya.

Selain itu petugas Balai Registrasi Gunung Merapi Dempo (Brigade) yang terletak di Kampung 4 Arindi mengatakan, yang ingin berkunjung dan berwisata ke Kota Pagar Alam tentunya sangat aman.

Bagi pendaki yg akan melakukan pendakian tidak di perbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1 km dari kawah, serta ke arah bukaan kawah sejauh 2 km ke sektor utara.

“Tentunya yang ingin melakukan pendakian harus mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang memadai, karena intensitas hujan sekarang cukup tinggi,” ungkapnya. (Len)

News Feed