oleh

Natal dan Tahun Baru, Pemkot Palembang Berlakukan Aturan PPKM Level III

PALEMBANG, MS – Saat Natal dan Tahun Baru, Pemerintah kota (Pemkot) Palembang memberlakukan aturan PPKM Level III. Hal itu diungkapkan Walikota Palembang Harnojoyo, Jumat (2/12).

Dikatakan dia, dalam hal ini di level ini ada beberapa aturan diterapkan. ‘’Beberapa aturan akan kita ketatkan kembali seperti kemarin,’’ tegas Harno.

Menurut Harno, penerapan PPKM Level III menjadi instruksi dari pemerintah pusat. ‘’ Kita tidak ingin terjadi lonjakan kasus baru. Karena saat ini, Palembang khususnya, terkendali,’’ imbuh dia.

Harno tetap meminta wong Palembang mematuhi protocol kesehatan ketat. ‘’Tetap gunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, jaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan. Semoga saja tidak ada lonjakan kasus di Palembang akhir tahun ini,” terangnya.

Saat ini, angka Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit dan kematian akibat virus sudah menurun.

“Alhamdulilah kita syukuri BOR dan begitupula jumlah kematian sudah menurun di bawah nasional. Artinya kasus aktif bisa kita tekan ,” ujarnya.

Tak hanya itu, Harno menyebutkan beberapa tempat nongkrong seperti kafe dan lainnya akan dibatasi buka hingga pukul 22:00 WIB. Sementara itu, tempat wisata hanya diperbolehkan berkapasitas 50 persen.

Aturan lainnya, dalam PPKM Level III Nataru, Mal dan fasilitas umum bisa tetap buka dengan kapasitas 50 persen pengujung pada pukul 09.00-22.00 WIB.

‘’Tapi untuk event perayaan Natal dan tahun baru di mal tidak diperbolehkan,’’ tegasnya.

Bioskop tetap diperbolehkan beroperasi dengan 50 persen kapasitas penonton. Untuk makan dan minum di dalam area mal diperbolehkan dengan 50 persen kapasitas tempat.

“Jadi beberapa aturan akan kita ketatkan kembali seperti kemarin awal-awal PPKM level 3, sama seperti pembatasan tahun baru kemarin,” tegas Harno. (novas)

News Feed