oleh

Oknum Lurah Diduga Bagikan Uang Untuk Memilih Cakada

OKU, MS – Oknum Lurah Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur inisial FE, dilaporkan warga ke Bawaslu dan Polres OKU karena diduga telah membagikan uang kepada warga yang akan memilih di TPS RT 003 RW 002 menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) OKU 9 Desember 2020.

Dari informasi yang dihimpun, kejadian berawal dari oknum Lurah memberikan uang sebesat Rp13 juta yang akan dibagikan kepada warga Rp50 ribu perorang dengan mengarahkan pencoblosan pasangan calon kepala daerah (Cakada).

Uang tersebut sudah dibagikan Syaiful sebesar Rp 9.350.000.

Namun akhirya Syaiful berpikir tentang perbuatannya dan merasa dirinya tidak mau mencidrai demokrasi politik di kabupaten Ogan Komering Ulu.

Akhirnya Syaiful menghubungi tim awak media bernama Leo selaku masyarakat peduli demokrasi.

Akhir nya Syaiful bersama-sama awak media dan LSM melaporkan ke Sentra Gakkumdu Kabupaten OKU dan diterima oleh ketua Bawaslu Dewantara jaya SP, petugas kepolisian Kasat Reskrim AKP Priyatno dan Kanit Tipikor Iptu Roli Irawan SE. Dan sesuai dengan bukti surat laporan pelapor Syaiful Bahri selaku mantan ketua RT dan sebagai saksi Leonardo dan Amaludin dan Aipzen.

Saat dibincangi wartawan metro Sumatra Syaiful menjelaskan bahwa tindakan yang dilakukan sangat bertentangan dan merusak demokrasi yang jurdil

Sehingga Syaiful berinisiatif melaporkan ke Sentra Gakkumdu melalui saudara Leonardo beserta tim selaku masyarakat peduli demokrasi.

Dari hasil barang bukti yang diserahkan ke Bawaslu Oku uang sebesar 3.650.000 dengan pecahan 100.000 sebanyak 20 lembar dan pecahan 50.000 sebanyak 33 lembar

Saat diwawancara ketua Bawaslu Oku Dewantara jaya SP mengatakan dengan adanya hal ini tentunya pihak Bawaslu OKU akan segera menindak lanjuti keproses hukum karena ini merupakan perbuatan melawan hukum dan merupakan pidana

Dewantara menambahkan Bawaslu minta waktu 3 hari dan segera kordinasi dengan kejaksaan negeri Baturaja dan juga kepolisian.

“Uang sebanyak RP 3.650.000 dihitung bersama di saksikan oleh seluruh awak media dan LSM dan petugas Kejari OKU,” ungkapnya. (andre)

News Feed