oleh

Optimalkan Perbaikan Mutu Pelayanan dan Fasilitas Puskesmas

LAHAT, MS – Dihadapan para peserta sosialisasi yang berasal dari utusan Puskesmas sekabupaten Lahat, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat Taufiq Maryansah Putra SKM MM mengatakan demi tercapainya kesehatan yang optimal saat ini perlu diupayakan perbaikan mutu pelayanan dan fasilitas Puskesmas.

“Puskesmas merupakan fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang bertanggung jawab dalam menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat,” kata Taufiq saat membuka secara resmi pertemuan sistem informasi kesejahteraan daerah kabupaten Lahat, di hotel Calista, Selasa (1/12/20).

Lebih lanjut Taufiq menyampaikan penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat akan dicapai apabila dikelola dengan baik sesuai dengan standarnya.

“Saya berharap dengan sosialisasi ini petugas puskesmas akan mengoptimalkan kinerjanya serta memberikan pelayanan yang prima dan semaksimal mungkin,” harapnya.

Kasubag program informasi dan evaluasi Hasanah Noviani SKM MPH menerangkan kepada awak media bahwa kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya sehubungan dengan pendataan Puskesmas yang secara periodik.

Lebih jelas Novi menerangkan pendataan itu secara periodik ada yang bulanan ada yang triwulanan dan ada yang tahunan, yang mana data-data dari Puskesmas akan dikumpulkan di Dinas kesehatan kabipaten Lahat dan akan diteruskan ke provinsi dan juga ada yang diteruskan ke pusat data dan informasi Kementerian Kesehatan.

“Dengan kegiatan ini diharapkan para pengelola sistem informasi kesehatan Puskesmas terus merefresh perbaiki data, yang mana hasil dari data itu sebagai gambaran keadaan kesehatan di Kabupaten Lahat dan menjadi tolak ukur pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan kesehatan,” jelasnya dengan mengakhiri wawancara. (nur)

News Feed