You are here
Orang Tua Serahkan Siswa Kepada Dewan Guru DAERAH HEADLINE 

Orang Tua Serahkan Siswa Kepada Dewan Guru

MUSI BANYUASIN, MS – Sebanyak 220 siswa SMA Negeri I Sanga Desa masuk sekolah. Sebelum proses belajar mengajar terlebih dahulu Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS), yang dulu dikenal dengan nama MOS atau Masa Orientasi Siswa. Acara itu sendiri dipusatkan di halaman Sekolah SMA Negeri I Sanga Desa, Senin (16/7/2018).

Pada kesempatan itu secara Simbolis 7 (tujuh) orang siswa menerima penyematan tanda peserta Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) oleh Kepala Sekolah SMA Negeri I Sanga Desa. Serta secara simbolis juga penyerahan siswa-siswi, diwakili peserta PLS yaitu Zulita Utami dari orang tuanya kepada Pihak Sekolah yang lansung diterima oleh Kepala Sekolah.

Kepala Sekolah SMA Negeri I Sanga Desa, M Habibi Spd Msi dalam sambutannya mengatakan bahwa acara penyerahan siswa itu sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016. Sebagai upaya mempererat tali silaraturahmi dan menjalin kerjasama, antara para guru dengan para orang tua siswa peserta PLS yang akan menimba ilmu di sekolah tersebut. “Para Peserta PLS atau calon siswa baru harus diantar dan diserahkan oleh orang tua siswa ke pihak sekolah,” ujarnya.

Menurut dia, hal ini bertujuan agar lebih terjalin kerjasama dan hubungan yang lebih erat dan baik, antara orang tua siswa dan para guru di masing-masing sekolah. “Ya, selain itu agar bisa sama-sama membina dan mengawasi para siswa, baik saat disekolah atau pun dirumah. Demi memotivasi dan membentuk disiplin siswa dalam menuntut ilmu guna menggapai prestasi siswa,” katanya.

Lebih lanjut Habibi menuturkan, kegiatan PLS tidak mendidik atau perpeloncohan yang tidak diberlakukan lagi. “Kalau selama ini yang melakukan PLS atau MOS itu boleh hanya oleh Kakak kelas. Kalau sekarang tidak boleh lagi. Sesuai aturan harus oleh guru selama PLS berlansung, demi menggali potensi siswa. Dan kegiatan PLS harus yang bersifat edukatif dan kreatif,” imbuhnya.

Perwakilan orang tua siswa, Zulham menyerahkan anaknya untuk didik di sekolah tersebut sehingga menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa.

“Kami selaku orang tua dari siswa menyerahkan dan menitip anak kami kepada para ibu-bapak guru,Guna untuk di didik dan dibina dalam menuntut ilmu di SMA Negeri I Sanga Desa. Dan Kami siap mendukung program komite yang disampaikan oleh Kakanda Syamsul bahori selaku ketua komite tadi. Selama kegiatan Sekolah itu bertujuan mendidik dan membina silakan,” tegasnya. (SBA)

Related posts

Leave a Comment