You are here
Pabrik Kerupuk Hangus Terbakar HEADLINE KRIMINAL 

Pabrik Kerupuk Hangus Terbakar

LUBUKLINGGAU, MS – Karyono (56) bersama istrinya nyaris pingsan dan harus diungsikan ke rumah keluarganya lantaran tak kuasa menyaksikan rumah dan pabrik kerupuk mereka yang terletak di Rt 07, Kelurahan Cereme Taba, Kecamatan Timur II ludes dilalap sijago merah. Minggu (12/11/2017) sekitar pukul 09.30 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam ‎kejadian tersebut, karena saat kejadian Karyono bersama istri dan kedua anaknya serta cucunya berhasil menyelamatkan diri. Namun ‎sejumlah barang berharga milik mereka turut ludes dilalap sijago merah.

Menurut Feri keponakan Karyono ‎menuturkan jika kejadian begitu cepat, ketika itu ia sedang berada dalam rumah kemudian keluar melihat asap hitam membumbung tinggi  dari pabrik kerupuk  milik pamannya itu.

Mulanya Feri mengira pamannya  sedang menggoreng kerupuk sebagaimana biasa. Tak berselang lama tetanga belakang rumah pamannya berteriak-teriak mintak tolong karena melihat api sudah membesar dan langsung membakar pabrik.

“Waktu itu mereka ada di dalam rumah kejadian sangat cepat. ‎Api dari belakang pabrik langsung  membesar kemudian menyambar rumah disampingnya,” kata Feri.

Feri mengatakan di duga api berasal dari sisa penggorengan kerupuk. Mengingat pabrik pamannya tersebut masih menggunakan kayu bakar sebagai alat untuk menggoreng. Namun di duga  sisa dari kayu bakar penggorengan kemarin itu belum padam dan membesar.

“Kayu yang masih ada api itu membesar langsung menyambar  pabrik. Apalagi pabrik penggorengan itu semuanya terbuat dari kayu. Jadi sangat mudah terbakar, sedikit saja api langsung membesar,” ujar Feri.

Sementara, Sukarman Ketua RT setempat membenarkan jika usaha ‎yang sudah dijalani oleh Karyono selama  30 tahunan itu terbakar karena kayu bakar sisa penggorengan yang lupa dipadamkan kemudian membesar langsung menyambar dinding.

“Banyak yang terbakar alat-alat elektronik semuanya hangus. Orang tidak berani masuk karena api sudah membesar‎. Yang selamat yakni ‎satu buah motor dan satu TV , sementara yang lainnya ludes terbakar‎,” ungkapnya. (dhiae)

Related posts

Leave a Comment