oleh

Panitia Optimis HPN PWI Sumsel Berjalan Sukses

PALEMBANG – Panitia pelaksana Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel melakukan tinjauan menyeluruh terhadap kesiapan pelaksanaan acara di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB) II Palembang. Kegiatan tersebut akan berlangsung dari tanggal 1 hingga 10 Juni 2024.
Tinjauan H-2 sebelum tanggal 1 Juni 2024 tersebut mencakup pengecekan fasilitas, sistem keamanan, dan persiapan teknis lainnya guna memastikan acara berjalan lancar dan sukses.

Ketua Panpel Sarono P Sasmito didampingi Sekretaris M Rofei Husin menyatakan optimis atas kesiapan yang terpenuhi, mengapresiasi kerja keras seluruh tim, serta mengajak seluruh anggota PWI dan masyarakat Sumsel untuk turut serta berpartisipasi merayakan momentum penting ini.

Menurut Sarono, panitia telah menyusun rencana secara komprehensif yang meliputi semua aspek pelaksanaan acara HPN di Museum SMB 2. Mulai dari pengaturan ruang, sistem parkir, keamanan, hingga aksesibilitas untuk peserta, semuanya telah dipertimbangkan dengan seksama.

“Selain itu, panitia juga telah merencanakan serangkaian acara yang menarik dan informatif untuk memeriahkan peringatan HPN di Sumsel. Dengan pendekatan yang komprehensif ini, diharapkan acara tersebut dapat berjalan dengan lancar dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi semua yang hadir,” tegas Ketua Panitia Sarono.
Di bawah pimpinan Kurnaidi sebagai Ketua PWI Sumsel, peringatan HPN yang akan berlangsung sepuluh hari diisi berbagai kegiatan baik bernuansa pers maupun kegiatan sosial. Kegiatan itu berupa Ekspo PWI berupa kuliner yang dijajakan oleh pelaku UMKM, Wahana Permainan Anak-anak, Rakerda PWI Kabupaten/Kota se-Sumsel, Bimtek Bako Humas, Donor Darah, Lomba Azan, Anjangsana ke panti asuhan, Konten Kreatif, Pentas Ikan Hias, Lomba Dangdut, Senam Sehat, Lomba Mancing, Fokus Diskusi Grup (FGD) Tentang Sejarah Sumsel, penghargaan sebagai Sahabat PWI kepada para Bupati dan Walikota dan pejabat OPD, serta OPD Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI).

Pelaksanaan pembukaan acara kegiatan direncanakan di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Kemudian kegiatan lainnya menyesuaikan lokasi masing-masing seperti Bimtek Bako Humas di Hotel Amaris, lomba azan di secretariat PWI, FDG di STISIPOL Candradimuka, dan berbagai lokasi lainnya. Acara akan dibuka secara resmi oleh Pj Gubernur Sumsel, Dr. Agus Fatoni, MSi. Diharapkan hadir juga bupati dan walikota se-Sumsel.
Sarono P Sasmito menambahkan, kegiatan HPN dimaksudkan untuk mensosialisasikan fungsi dan peran pers era kekinian dan yang akan datang. Sebab fungsi dan peran pers tak tergantikan meski adanya medsos saat ini. Dengan dilaksanakan Bimtek Bako Humas diharapkan membekali para pelaku kehumasan agar dapat melakukan wawancara, menulis berita hingga hal-hal berkaitan cara menghadapi wartawan di lapangan sehingga menghasilkan pemberitaan yang berkualitas.

Pada momen sebelumnya Hadi Prayogo yang juga Ketua seksi Bimtek Bako Humas dan kepala sekolah SJI mengharapkan adanya dukungan Pj Gubernur dalam memberikan rekomenasi agar Kominfo dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumsel dapat mengirimkan peserta dari jajarannya di kabupaten dan kota Se-Sumsel. Hal senada diutarakan Jon Heri yang mengharapkan agar gubernur memberikan bantuan untuk penyelenggaraan dan lainnya agar kegiatan ini sukses.

Gubernur menyambut baik apa yang diutarakan oleh Ketua PWI Sumsel Kurnaidi dan para anggota panitia lainnya. Bahkan untuk puncak acara HPN gubernur mempersilahkan untuk mempergunakan Istana Gubernur atau Griya Agung sebagai tempat pelaksanaan perhelatan besar itu.

Di samping itu gubernur juga siap untuk membuka acara dan menjadi pembicara pada kegiatan Bimtek Bako Humas karena dulu juga pernah menjadi wartawan dan editor. Selain itu juga siap merekomendasikan kepada Kominfo dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sumsel untuk mengirimkan peserta mengikuti kegiatan tersebut. Di samping itu gubernur juga akan mencantumkan nama dan membubuhkankan tanda tangan pada sertifikat yang akan diberikan kepada peserta yang mengikuti kegiatan tersebut.

Hadi Prayogo yang juga Ketua Forum CSR Sumsel agar dapat melibatkan perusahaan-perusahaan di Sumsel berkontribusi menyukseskan kegiatan penting dan strategjs tersebut. (fei)

News Feed