oleh

Pastikan Ketersedian Stok dan Harga Bahan Pokok Stabil Jelang Nataru, Pemkab OKUT Sidak Pasar Tradisional Martapura

OKUTIMUR, MS – Guna memastikan stok dan harga kebutuhan bahan pokok tetap stabil jelang peryaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru), Pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Tradisional Martapura, Kabupaten OKU Timur, Jum’at (22/12/2023).

Sidak pasar ini dipimpin langsung oleh Bupati OKU Timur melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Jumadi, S.Sos bersama Kapolres OKU Timur AKBP Dwi Agung Setiyono, S.I.K., M.H.

Kegiatan ini juga turut diikuti oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan OKU Timur Amin Zein, S.K.M., M.M., Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Hj. Sri Suhartati, S.E., M.M., Camat Martapura Herlius, S.Sos., Kabag Ekonomi Hj. Isnaini Daswati, S.H. dan lainnya.

Menurut Sekda OKU Timur Jumadi S.Sos mengatakan bahwa sidak ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kesejahteraan masyarakat terkait ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru 2024.

Dirinya juga menegaskan bahwa ketersediaan beras saat ini cukup, namun dirinya mengakui jika beras masih fluktuatif akibat dari pengaruh el nino.

Untuk ketersediaan bahan pokok lainnya, Sekda menuturkan semua harga tergolong stabil, bahkan untuk cabai harganya menurun.

“Alhamdulillah untuk stok dan harga sayur mayur, daging dan beras aman dan stabil,” tuturnya.

Untuk itu, dalam sidak ini, Sekda mengimbau kepada para pedagang untuk tidak memainkan harga.

“Jika harga dari agen stabil di pasar harus stabil, jangan ada permainan harga,” tegasnya.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian OKU Timur Amin Zein, S.K.M., M.M menambahkan, bahwa harga di pasar relatif stabil, bahkan untuk stok beras di OKU Timur untuk 3 bulan ke depan aman.

“Harga sembako masih dalam keadaan normal, seperti telur 30.000/kg, cabai 60.000/kg, daging 130.000/kg. Stok sembako dan beras kita juga cukup aman,” jelasnya.

Sedangakan untuk stok beras, dirinya menambahkan, bahwa stok beras digudang tersedia 700 ton. “Dan ini masih ada 300 ton lagi yang akan segera dikirim dari palembang,” terangnya.

Lebih lanjut, Kapolres OKU Timur AKBP. Dwi Agung Setiyono, S.I.K., M.H dalam kesempatan ini mengimbau kepada seluruh masyarakat dalam perayaan natal dan tahun baru tetap memperhatikan faktor keselamatan.

“Tetap berhati-hati dalam perjalanan, perhatikan faktor kesehatan, keselamatan dan berlalu lintas, lengkapi surat kendaraan hingga nyaman dalak berkendara, jangan melakukan kegiatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” pungkasnya. (Boy)

News Feed