oleh

Pedagang Diminta Waspada Kebakaran

Pedagang Diminta Waspada Kebakaran
Pedagang diminta waspada kebakaran.

BANYUASIN MS – Kios pedagang yang berada di Pasar Simpang Tiga Betung Kelurahan Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin, sangat rawan dengan pontensi terjadinya kebakaran. Ini dikarenakan, hampir seluruh kios, hanya terbuat dari papan dan batako.Kekhawatiran akan terjadinya kebakaran di Pasar Simpang Tiga Betung tersebut, tidak hanya dikarenakan kios yang terbuat dari papan, dan batako.

Namun masih sembrawutnya kabel listrik, juga dapat menjadi factor terjadinya kebakaran.Dengan kondisi ini, Lurah Betung Gunawan SKM MSi, menghimbau kepada seluruh pedagang, untuk tetap selalu waspada. Sebab bahaya kebakaran sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Apalagi hampir seluruh bangunan kios, terbuat dari kayu yang sangat mudah terbakar.“Pedangan hendaknya selalu waspada. Karena bahaya kebakaran, kapan saja bisa terjadi. Dan jika memang kabel listrik masih banyak yang semrawut, sebaiknya dirapikan, supaya dapat meminimalisir terjadinya bahaya kebakaran,” imbaunya, kemarin.

Kios pedagang yang berada di Simpang Tiga Betung tersebut memang berdekatan, sehingga jika terjadi kebakaran pada salah satu kios, maka api akan menjalar dengan cepat, sehingga kebakaran pun akan cepat meluas.“Sesama pedagang, hendaknya mereka saling mengingatkan, dan sama-sama meningkatkan kewaspadaan. Sebab butuh kerjasama dari pedagang sendiri untuk membantu mengawasi kondisi pasar tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut Gunawan mengatakan, jika penyebab terjadinya kebakaran banyak sekali. Antara lain adalah korslet listrik dan api kompor. Apalagi pedagang yang ada di pasar tersebut sebagian ada yang melakukan aktivitas masak-memasak.

“Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kebakaran, antara lain adalah api kompor yang lupa dimatikan, membakar sampah sembarangan, dan bisa juga dikarenakan adanya korslet hubungan arus pendek dari jaringan listrik. Kita minta kepada pedagang untuk selalu memperhatikan kabel listrik jangan sampai ada yang terkelupas, sehingga dapat menimbulkan gesekan dengan kabel lainnya. Dan hal tersebut bisa menimbulkan percikkan api yang dapat menjadi penyebab kebakaran,” pungkasnya. (Leo)

News Feed