You are here
Pembukaan Festival Gendang Melayu Nusantara Semarak, Gubernur Minta FGMN Jadi Agenda Resmi Tahunan DAERAH HEADLINE 

Pembukaan Festival Gendang Melayu Nusantara Semarak, Gubernur Minta FGMN Jadi Agenda Resmi Tahunan

IMG-20191019-WA0016

LUBUKLINGGAU, MS – Gubernur Sumateral Selatan,  H Herman Deru menghadiri sekaligus membuka acara Festival Gendang Melayu Nusantara (FGMN) di Stadion Taman Olahraga Silampari (TOS) Kota Lubuklinggau, Kamis (17/10) malam.

Dalam sambutannya Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe mengungkapkan Festival Gendang Melayu ini merupakan yang ke 7 kalinya  diadakan di Kota Lubuklinggau dan baru pertama kali dihadiri langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan.

“Kita bersyukur walaupun hujan, tetapi ini adalah berkah bagi kita karena sudah lama tidak turun hujan. Saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak Gubernur Sumsel  diacara Festival Gendang Melayu ini dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Lubuklinggau ke-18 sekaligus untuk melestarikan tradisi melayu di Kota Lubuklinggau. Kota Lubuklinggau juga kedatangan Presiden melayu dari Malaka,” ujar Wako.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru selaku Ketua DMDI Indonesia mengatakan dirinya memberikan penghargaan yang luar biasa kepada Wali Kota Lubuklinggau yang telah menghadirkan Persiden DMDI.

“Saya didampingi oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumsel. Malam ini kita semua berbahagia dan bersukaria untuk memeriahkan Hari Jadi Kota Lubuklinggau ke-18. Kami sengaja datang ke Kota Lubuklinggau untuk menyaksikan Festival Gendang Melayu,” ujar Gubernur.

“Saya melihat Kota Lubuklinggau sudah maju dengan sangat pesat.  Masyarakatnya juga kreatif. Kami senang Kota Lubuklinggau masih mempertahankan kearifan lokal,” tambahnya.

Kota Lubuklinggau telah mencanangkan pengobatan gratis bagi warga tidak mampu, akan tetapi kita harus menjunjung untuk hidup sehat termasuk pemberantasan narkoba, karena narkoba memperlambat pertumbuhan Kota Lubuklinggau.

Pemerintah sangat serius dalam pembangunan infrastruktur terutama jalan agar masyarakat mudah dalam geliat hasil pertanian.

“Tadi kami telah meletakkan batu pertama pembanguan kawasan wisata terpadu. Dengan ini Kota Lubuklinggau dapat bantuan Rp 2 miliyar. Saya selaku Ketua DMDI di Indonesia akan melestarikan kebudayan melayu di Indonesia,” terangnya.

Dia berharap Festival Gendang Melayu ini dijadikan agenda resmi tahunan.

Presiden DMDI, Tan Sri Mohamad Ali Mohamad menyampaikan dirinya dari Malaysia datang ke Kota Lubuklinggau untuk mengunjungi saudara di Indonesia, semoga hubungan Indonesia dan Malaysia semakin harmonis.

Selamat buat Kota Lubuklinggau atas Hari Jadi ke-18 dan selamat buat H Herman Deru menjadi Ketua Melayu Indonesia. “Saya baru pertama kali berkunjung ke Kota Lubuklinggau dan saya merasa sangat bahagia berada disini,” ucapnya.

Dalam acara itu juga ada penampilan Tim Kesenian (Timkes) Kota Lubuklinggau persembahan dari Dinas Pariwisata Kota Lubuklinggau, penampilan Timkes Provinsi Riau dan penampilan Band Republik. Acara berlangsung meriah ditambah dengan pesta kembang api. (dhia)

Dikirim dari ponsel cerd

Related posts

Leave a Comment