You are here
Pemdes Kuripan Gelar Musyawarah Calon Penerima BLTD ADVETORIAL BENGKULU HEADLINE 

Pemdes Kuripan Gelar Musyawarah Calon Penerima BLTD

BT 3

 

BT 1BENGKULU SELATAN, MS – Pemerintah Desa (Pemdes) Kuripan Kecamatan Bunga Mas Kabupaten Bengkulu Selatan, Jumat (29/5/2020) mengadakan musyawarah khusus validasi dan pinalisasi, penetapan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTD).

Musyawarah yang berlangsung di kantor Desa tersebut, digelar Pemdes bersama tim relawan Covid19 dan Badan Permusyawaratan Desa. Turut hadir dalam acara ini Camat Bunga Mas Ir Miran, Kapolsek Wilayah Manna IPDA Davinsi Josie Sidabutar STrK dan anggotanya, Tenaga Ahli Kabupaten Joko Subagyo beserta rekanya.

Dalam sambutanya Penjabat Kades Kuripan Sukman, SSos mengucapkan terimakasih kepada unsur Tripika dan Tenaga Ahli (TA) yang hadir.

“Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada semua yang telah hadir saat ini,” ucap Kades.

BT 5Tujuan diadakanya musyawarah khusus ini kembali, dikatakan dia, karena adanya tambahan warga Kuripan yang mendapat Bantuan Sosial Tunai (BST) sebanyak 8 KK.
“Oleh sebab itu BLTD yang sudah ditetapkan perlu direvisi lagi, agar tidak terjadi tumpang tindih. Semoga saja dalam rapat ini nanti, kita dapat menentukan penerima BLTD sesuai dengan kriteria dan tepat sasaran serta tidak menyalahi aturan yang ada,”imbuhnya.

Dalam musyawarah khusus Desa Kuripan kali ini Camat dan Kapolsek mengimbau dari sisi birokrasi, laksanakanlah sebagaimana mestinya. Namun dalam kegiatan itu tetap harus mengikuti anjuran protokol kesehatan. “Karena saat ini, penularan covid di BS sudah transmisi lokal jadi kita tetap harus waspada,” ungkap Camat.

BT 6Sementara itu Kapolsek menegaskan untuk menjalankan tugas itu sesuai dengan prosedur. “Janganlah kita berkaca pada air yg keruh, jangan kita mengikuti sesuatu yangg salah atau yangg tidak ada dasar hukumnya. Bila permintaan masyarakat itu ada dasar hukumnya tidak masalah kita ikuti, namun jika itu tidak ada dasar hukumnya maka putuskanlah berdasarkan aturan yang belaku,” tegas Kapolsek.

Terkait aturan penyaluran BLTD kembali dijelaskan oleh Tenaga Ahli (TA) Joko Subagyo sebagai perpanjangan Kementerian Desa, ada beberapa aturan yang tidak boleh dikakangi. Yang pertama, Premen PDTT No 6 Tahun 2020 terkait prioritas penggunaan Dana Desa mualai tentang penangan Covid, Padat Karya Tunai(PKT) dan BLT-DD, kedua PMK No 40 ditambah lagi surat edaran dari Komisi Pemberantasaan Korupsi (KPK).

BT 4“Jadi dalam penyaluran BLTD ini janganlah bemain-main apalagi sampai menurut kehendak masyarakat untuk membagi rata dana BLTD, karena melakukan hal yang tidak ada payung hukumnya maka siap-siaplah berurusan dengan penegak hukum,” tegas Joko Subagyo.

Dengan banyaknya masukan dari para ahli dibidangnya, acara yang dipimpin Alianto Ketua BPD Kuripan ini. Hasil musyawarah menetapkan 4 Kepala Keluarga yang bakal menerima BLTD. “Ya, kami merasa lega karena calon penerima BLTD hari sudah ditetapkan. Walaupun sebelumnya ada warga yang mengusulkan untuk membagi rata dana BLTD ini. Namun hal itu tidak sampai terjadi, dan BLTD ini secepatnya akan kami salurkan. Untuk tahapan pertama sejumlah 1.200.000,- per KK terhitung bulan April dan bulan Mei,” tutup Alianto. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment