You are here
Pemdes Terulung Rampungkan Perdes Hewan Ternak BENGKULU HEADLINE 

Pemdes Terulung Rampungkan Perdes Hewan Ternak

MN 5

BENGKULU SELATAN, MS – Pemerintah Desa (Pemdes) Terulung Kecamatan Manna, Kamis (25/4/2019) telah merampungkan pembahasaan Peraturan Desa (Perdes) tentang hewan ternak. Musyawarah penetapan Perdes di pusatkan di kantor Desa Terulung.

MN 6Sukardin, Ketua BPD Desa terulung mengatakan untuk pemberlakuan Perdes akan dilaksanakan mulai Rabu (1/5/2019). Adapun hasil kesepakatan musyawarah Badan Pemusyawaratan Desa(BPD) bersama masyarakat serta perangkat desa sebagai berikut. Biaya pengaman untuk sapi, kerbau, kuda dan sejenisnya Rp250.000/ekor. Biaya pengamanan untuk kambing, domba, biri-biri dan sejenisnya Rp75.000/ekor.
Sedangkan biaya pemeliharaan untuk sapi dan sejenisnya Rp75.000/ ekor/hari. Biaya pemeliharan untuk kambing dan sejenisnya sebesar Rp. 25.000/ekor perhari.

“Adapun ganti rugi yang disepakati, apabila merusak tanaman. sesuai dengan jenis tanaman seperti tanaman palawija, padi, kacang-kacangan, sayuran, singkong, terong, labu manis, semangka akan mendapat ganti rugi sebesar Rp 5.000/rumpun. Tanaman keras berupa sawit, kelapa, cengkeh, kopi, pisang, tanaman buah-buahan dll mendapat ganti rugi Rp20.000/batang. Tanaman hias satu (sejenis bonsai) Rp25.000/ pot. Tanaman hias dua (sejenis bunga-bungan) Rp10.000/ pot. Untuk biaya oprasionl Satgas desa, bisa dianggarkan dari dana desa yang sudah dimasukan didalam APBDes,” jelas Sukadi.

Sementara Kepala Desa (Kades) Terulung Jauhari menuturkan dengan adanya Perdes ini, maka tanaman tidak perlu lagi pakai pagar. “Ya, dengan kata lain, tanaman bebas pagar,” ujarnya. (bajul/adv)

Related posts

Leave a Comment